Sekilas Info

Satgas Covid-19 Maluku Masih Tunggu Hasil PCR, Tes Antigen Bupati SBB Yasin Payapo Positif Covid-19

satumalukuID/Husen Toisuta Kondisi rumah duka Bupati Seram Bagian Barat, M. Yasin Payapo di Galunggung, Desa Batu Merah, Kota Ambon, Minggu (1/8/2021). Tampak sejumlah warga sedang memasang tenda di depan rumah duka.

satumalukuID – Plh Sekda Provinsi Maluku Sadli Ie memastikan Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo meninggal di rumahnya pada Minggu (1/8/2021) pukul 12.45 WIT. Dia mengaku  sedang meminta Jubir COVID-19 Provinsi Maluku Adonia Rerung untuk mengecek penyakit yang menyebabkan bupati meninggal.

Sedangkan dari Satgas COVID-19 Provinsi Maluku Adonia Rerung menyatakan belum bisa memastikan Bupati Yasin meninggal karena terpapar virus Corona.

"Hasil tes PCR bupati belum keluar. Masih sementara diperiksa di laboratorium. Jadi belum bisa dipastikan meninggal karena terpapar COVID-19 atau penyakit lain," ujar Adonia

Seperti diketahui, Bupati SBB M. Yasin Payapo meninggal dunia di kediaman pribadinya di kawasan Galunggung Batumerah Atas, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, sepulang dari rumah sakit rujukan COVID-19.

Menurut Direktur RSUP Leimena Celestinus Eigya Munthe, Bupati Yasin Palopo dan salah seorang anaknya sempat dirawat di RS tersebut, namun keduanya kemudian meminta dipulangkan pada Minggu (1/8/2021) pukul 07.00 WIT.

"Memang Bupati Yasin dan salah seorang anaknya sempat dirawat di RSUP, tetapi kemudian mereka minta dipulangkan pada pukul 07.00 WIT. Jadi bukan meninggal di RSUP," katanya.

Menurut Munthe saat diperiksa di RSUP Leimena, hasil swab antigen Bupati SBB positif Covid-19. “Pak Bupati masuk ke IGD dengan keluhan sakit umum lainnya, seperi batuk, demam dan sesak nafas. Ini sudah dirasakan sejak satu minggu lalu,” ungkap Munthe.

Karena menunjukan gejala umum Covid-19, pihak RSUP lantas melakukan swab Antigen. Hasilnya Bupati SBB Positif Covid-19. Dia sempat menjalani perawatan pada Sabtu (31/7/2021). Namun keluarganya memaksa pulang pada Minggu (1/8/2021) dan beberapa jam sesudahnya dia meninggal dunia.

Secara terpisah salah satu pengurus DPD Partai Hanura Provinsi Maluku Edison Sarimanella, membenarkan Bupati Yasin meninggal karena terserang penyakit asam lambung dan sempat dibawa ke RSUP Leimena untuk dirawat.

"Bupati sempat dibawa ke RSUP Leimena, tetapi beliau minta untuk dipulangkan. Kami sangat kehilangan figur pemimpin yang bersahaja," ujar Sarimanela.

Yasin Payapo dilantik sebagai Bupati Seram Bagian Barat pada 22 Mei 2017 berpasangan dengan Timotius Akerina sebagai Wakil Bupati untuk periode pertama tahun 2017-2022.

Selain itu, Yasin Payapo juga ditunjuk sebagai Ketua DPD Hanura Provinsi Maluku periode 2020 - 2025.

Baca Juga

error: Content is protected !!