Sekilas Info

Bupati SBB Kepala Daerah Pertama di Maluku Meninggal Terpapar Covid-19, Di Indonesia Sudah 12 Orang

Almarhum Bupati SBB Yasin Payapo

satumalukuID – Kabar kematian Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo sempat misterius. Pihak keluarga menduga karena sakit asam lambung. Tetapi keterangan Kepala RSUP Leimena Dr Galestinus Eigya Munthe mengindikasikan almarhum sempat dirawat akibat terpapar Covid-19.

Mengacu keterangan RSUO Leimena berdasarkan hasil tes antigen Bupati SBB Yasin Payapo terpapar Covid-19 sebelum meninggal di rumah, maka almarhum menjadi kepala daerah pertama di Provinsi Maluku yang meninggal terpapar Covid-19.

Jumlah pejabat di Provinsi Maluku yang sempat terpapar Covid-19 ada beberapa, termasuk mantan Sekda Maluku Kasrul Selang. Dia terinfeksi Covid-19 saat masih menjabat sebagai Sekda dan Ketua Gustu Covid Provinsi Maluku.

Selain Kasrul Selang, saat ini, Wali Kota Ambon Richard Louhenpessy dan istri serta salah satu anaknya juga sedang menjalani perawatan karena diduga terinfeksi Covid-19.

Sementara itu di Provinsi Maluku Utara, sudah dua Sekda yang meninggal saat dalam perawatan Covid-19. Mereka adalah Sekda Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleman dan Sekda Kabupaten Halmahera Utara Fredy Tjandua. Keduanya meninggal tahun 2020 lalu.

Sedangkan yang paling anyar adalah kematian anggota DPD RI asal Maluku Utara Suryati Armaiyn yang meninggal di Ternate saat menjalani perawatan Covid-19, minggu pertama Juli 2021.

Di Indonesia, setidaknya sudah 12 kepala daerah terpapar Covid-19 kendati berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia, termasuk Bupati SBB Yasin Payapo (64 tahun). Mereka adalah Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja (48), Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor (54),  Wakil Wali Kota Probolinggo Soufis Subri, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul (61), Wali Kota Banjar Baru Nadjmi Adhani (50), Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony (60), Plt Bupati Sidoarjo Ahmad Nur Syaifuddin (56), Bupati Berau Muharram (52), Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh (58), Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (54), dan Bupati Bulungan Sudjati (66)

Seperti diberitakan sebelumnya, beredar kabar Bupati Yasin Payapo meninggal di RSUP Leimena. Soal penyakit yang dia derita, awalnya tak diketahui pasti. Pihak keluarga menduga karena sakit asam lambung.

Belakangan terungkap, almarhum Yasin Payapo ternyata sempat menjalani perawatan di RSUP Leimena pada Sabtu (31/7/2021). Menurut Munthe, dia dirawat karena terpapar Covid-19. (Baca: Bupati SBB Sempat Dirawat karena Positif Covid-19, Tapi Dipulangkan Keluarga Sebelum Meninggal di Rumah)

Namun pihak keluarga bersikeras membawa pulang almarhum ke rumah. Dan berselang beberapa jam di rumah, almarhum menghembuskan napas terakhir.

Munthe sendiri mengaku kaget mendengar kabar meninggalnya Payapo Minggu (1/8/2021). Dan setelah mengecek di ke RSUP Leimena dia mendapat kabar Payapo sudah dibawa pulang pihak keluarga sebelum meninggal dunia di rumah.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!