Sekilas Info

Raja Negeri Lima Minta PB Himpunan Keluarga Besar Hena Lima Bersinergi Dengan Pemerintah

satumalukuID/Istimewa Pelantikan Pengurus Besar HKBHL di Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (31/7/2021).

satumalukuID- Raja Negeri Lima H.M Guzali Soulissa, meminta Pengurus Besar (PB) Himpunan Keluarga Besar Hena Lima (HKBHL) agar selalu bersinergi dengan pemerintah dalam membantu proses pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat negeri.

Permintaan itu disampaikan di sela-sela kegiatan pelantikan PB HKBHL yang dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 di Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (31/7/2021).

Pengukuhan PB HKBHL di bawah kepemimpinan Hamdan Tunny ini turut dihadiri Anggota DPR RI, Saadiah Uluputty. Wakil Rakyat dari Maluku ini juga merupakan anak Negeri Lima.

Selain Saadiah Uluputty, sejumlah pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah asal Negeri Lima, juga hadir, termasuk Camat Leihitu, Danramil Leihitu dan Kapolsek Leihitu, Iptu Julkisno Kaisupy.

"Harapan saya ke depan HKBHL bisa menjadi wadah yang dapat bersinegri dengan pemerintah negeri dalam membantu proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Negeri Lima," pintanya.

Guzali berharap program kerja yang akan dirumuskan nanti dapat berpihak kepada pengembangan sumber daya masyarakat di Negeri Lima.

Sementara itu, Ketua PB HKBHL Hamdan Tunny mengaku ke depan pihaknya akan lebih fokus mengembangkan peningkatan sumber daya manusia Negeri Lima yang handal.

Karena itu, kata dia, HKBHL akan bekerjasama dengan pemerintah provinsi Maluku dan juga Pemerintah kabupaten kota lainnya di Maluku.

"Ke depan HKBHL akan membangun kerjasama dengan semua pihak, termasuk pemprov Maluku, pemerintah kabupaten kota dan juga pihak swasta," jelasnya.

Membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dan swasta, kata dia, penting untuk dilakukan agar pemberdayaan masyarakat Negeri Lima khususnya para sarjana yang belum memiliki pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

"Para sarjana yang ada harus diberdayakan dengan pelatihan-pelatihan agar mereka bisa mandiri dan dapat bersaing. Karena itu kita harus membangun kerjasama dengan semua pihak agar masyarakat dan sarjana kita bisa diberdayakan," katanya.

Hamdan juga mengaku pihakya akan menyiapkan sumber daya manusia Negeri Lima dengan membina para siswa mulai dari SMP hingga SMA, agar setelah lulus nanti mereka sudah siap berkompetisi di dunia yang lebih terbuka dan kompetitif.

"Ke depan penyiapan sumber daya manusia akan dilakukan mulai dari siswa SMP dan SMA," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!