Sekilas Info

Lantamal Ambon Gelar Vaksinasi Covid-19 di Atas Kapal Perang

satumalukuID/Istimewa Lantamal IX Ambon menggelar vaksinasi di atas pala perang KAL Panana, yang berlabuh di perairan Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (31/7/2021).

satumalukuID- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, kembali menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 massal di wilayah kerjanya, Sabtu (31/7/2021).

Vaksin gratis untuk masyarakat kali ini dilaksanakan di atas kapal perang yaitu KAL Panana. Kapal berlabuh di perairan Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon).

Selain mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Panana, Lantamal juga menyediakan Sea Rider untuk bolak-balik mengangkut warga yang akan divaksin di atas KAL Panana.

Tampak sejumlah warga yang akan divaksin di atas KAL Panana, diangkut Kapal Sea Rider.

Tenaga kesehatan yang disiapkan di atas kapal (on board) berjumlah 12 orang termasuk vaksinator. Mereka berasal dari Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. FX Suhardjo Ambon.

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, melalui Asisten Potensi Maritim Danlantamal IX Letkol Laut (PM) Agus Musrichin, mengaku serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim di tengah laut disambut antusias oleh ABK (Anak Buah Kapal). Sebab, mereka tak perlu meluangkan banyak waktu turun ke daratan melakukan vaksinasi.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di atas KAL juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah yaitu vaksinasi satu juta orang per hari.

"Ini juga selaras dengan Instruksi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk berjuang dan saling bahu-membahu dalam percepatan penanganan Covid-19 terutama masyarakat maritim," sebutnya.

Agus Musrichin mengaku kegiatan yang dihelat tersebut merupakan bagian dari upaya bersama melawan dan memutuskan mata rantai covid-19 di wilayah kerja Lantamal IX.

"Vaksinasi ini juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh warga masyarakat. Karena bagi warga yang bekerja sebagai ABK kapal dan nelayan mendapatkan vaksin Covid-19 bukanlah perkara yang mudah," katanya.

Oleh karenanya, lanjut dia, TNI AL melalui Lantamal IX Ambon mewadahi atau menjemput bola menemui warga maritim di tempat-tempat yang sulit dijangkau, agar mereka mendapatkan vaksin.

"Sungguh pengabdian yang luar biasa ini hanya untuk memperhatikan warga yang kesulitan mendapatkan vaksin. Padahal mereka memiliki hak yang sama seperti penduduk yang ada di kota-kota besar lainnya," katanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!