Sekilas Info

ASDP Ternate Gandeng TNI-AL Edukasi Penggunaan Masker di Pelabuhan

Photo: Abdul Fatah/ant PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate, menggandeng personel TNI-AL untuk memberikan edukasi dan patuh dalam disiplin protokol kesehatan (prokes) bagi pengguna transportasi penyeberangan fery antar-pulau.

satumalukuID - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut), menggandeng TNI-AL untuk memberikan edukasi dan patuh protokol kesehatan (prokes) bagi pengguna transportasi penyeberangan antar-pulau.

Manager Usaha PT ASDP Ferry Cabang Ternate, Zainal Abidin di Ternate, Kamis, menyatakan untuk penumpang antarpulau di Malut yang menggunakan jasa penyebrangan transporasi kapal ferry tidak diberlakukan tes usap antigen, tetapi mereka hanya diingatkan oleh petugas di pelabuhan, agar tetap patuh protokol kesehatan.

Selain itu, dalam aturan tes usap antigen hanya diberlakukan bagi penumpang perjalanan Ternate tujuan Bitung, Sulawesi Utara, karena rute tersebut merupakan perjalanan antar – provinsi, sehingga mereka yang berangkat maka harus dilengkapi dokumen surat tes yang hasilnya negatif

"Kita semua berharap, agar wabah ini segera berlalu, sehingga kegiatan masyarakat kembali normal," kata Zainal

Sementara itu, anggota TNI Angkatan Laut bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, melakukan sosialisasi dan edukasi penggunaan masker di kawasan Pelabuhan Penyebrangan ASDP Ferry Cabang Ternate

Komandan Detasemen Polisi Milter Angkatan Laut (Dandempom) Lanal Ternate, Mayor Laut (PM) Sriyono mengatakan kegiatan oparasi penggunaan masker ini atas instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut, untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, saat ini status Kota Ternate masih berada di zona merah maka ini menunjukkan bahwa tingkat penularan virus corona di daerah ini sangat tinggi, sehingga warga diminta untuk tetap mensiplinkan penerapan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

Sehingga, pihaknya langsung melakukan operasi pendisiplinan penggunaan masker di kawasan pelabuhan dan masih banyak terdapat penumpang baik yang baru tiba maupun yang hendak berangkat tidak mengenakan masker dan langsung diamankan petugas untuk melakukan tes usap antigen.

"Alhamdulillah setelah dilakukan tes usap antigen oleh tim kesehatan sejumlah penumpang tidak mengenakan masker, hasilnya negatif. Namun kami juga mengingatkan mereka, agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan di tengah penerapan PPKM Mikro yang ditetapkan oleh Pemkot Ternate," ujarnya.

Dia berharap, agar masyarakat tetap mendukung pemerintah, dengan menerapak prorotokol kesehatan secara ketat di masa penerapan PPKM dalam penanganan COVID-19, sehingga dapat menekan laju penularan virus corona di Malut.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!