Sekilas Info

Polda Maluku Utara Operasi Penegakan Protokol Kesehatan

Photo: Abdul Fatah/ant Polda Maluku Utara melaksanakan patroli skala besar dengan melibatkan seluruh satgas dalam Operasi Aman Nusa II dengan sasaran area pusat kerumunan warga di seputaran Kota Ternate dalam upaya menegakkan protokol kesehatan (prokes).

satumalukuID - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menyelenggarakan patroli skala besar dengan melibatkan seluruh Satgas dalam Operasi Aman Nusa II dengan sasaran area pusat kerumunan warga di seputar Kota Ternate guna menegakkan protokol kesehatan (prokes).

"Kami menerjunkan personel untuk patroli pada titik-titik tertentu yang menjadi pusat kerumunan dan menegakkan prokes untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19," kata Kepala Biro Operasi Polda Malut Kombes Pol Juwari saat memimpin operasi skala besar tersebut bersama dengan Dir Intelkam, Dir Binmas dan Dir Samapta Polda Malut di Ternate, Minggu.

Dalam operasi itu, personel 4 SSK gabungan personel Polda Maluku Utara, satu SSK Sat Samapta Polres Ternate diterjunkan di titik-titik keramaian, seperti kawasan Tapak Mangga Dua-Toboko, Jalan Pahlawan Revolusi hingga kawasan Pantai Dufa-Dufa.

Tempat keramaian yang menjadi sasaran, yakni Pasar Higenis Kota Ternate dan Pasar Bastiong, dimana kedua pasar tersebut merupakan pasar terbesar dan teramai di kota itu.

Kegiatan diawali dengan apel siaga dan Patroli Skala besar dalam rangka monitoring kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan serta membagikan sembako kepada warga terdampak.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malutku Utara Kombes Pol Adip Rojikan menambahkan patroli skala besar ini merupakan langkah Polda Maluku Utara dalam menciptakan rasa aman serta monitoring dalam penerapan protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker dan jaga jarak.

"Diharapkan dengan tertibnya masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dapat mencegah terjadinya penularan COVID-19," katanya.

Tidak hanya itu, personel juga membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, dengan harapan dapat sedikit membantu beban mereka.

Sebelumnya, dalam apel pengecekan kesiapan penyemprotan yang dilaksanakan di Landmark Kota Ternate tersebut dipimpin oleh Karo Ops Polda Maluku Utara Kombes Pol Juwari dengan mengerahkan team penyemprotan, di antaranya 1 SSK TNI-AD, dan 1 SSK Gabungan BPBD serta Basarnas.

Dalam kegiatan itu personel juga memberi edukasi terkait dengan prokes COVID-19, dalam hal ini memakai masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan , menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Ia juga menghimbau agar masyarakat Malut lebih disiplin lagi terkait dengan penggunaan masker. "Kami berharap dalam berkegiatan masyarakat tetap mengutamakan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas," ujarnya.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!