Sekilas Info

TNI AL Kerahkan Tenaga Kesehatan Bantu Vaksinasi di RSUD Saumlaki Maluku

Photo: Simon Lolonlun/ant Petugas kesehatan Lanal Saumlaki melakukan vaksinasi COVID-19 kepada warga di RSUD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

satumalukuID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki mengerahkan tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu program vaksinasi COVID-19 di RSUD dr PP Magretti, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Sabtu.

"Turut sertanya Lanal Saumlaki dalam membantu kegiatan vaksinasi ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL untuk menyukseskan program pemerintah dalam program vaksinasi nasional dengan mengerahkan potensi yang dimiliki, khususnya tenaga medis dan vaksinator satuan-satuan dan Pangkalan-Pangkalan TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk penggunaan alutsista yang dimiliki," kata DanLanal Saumlaki Letkol (P) Ridwan Rizky Musa.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Lanal Saumlaki menerjukan tim vaksinator dari Balai Pengobatan Lanal Saumlaki yang diketuai oleh Pgs. Kepala Balai Pengobatan Lanal Saumlaki Letda Laut (K) dr Dipta Bagus Yudha Pratama dan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Saumlaki guna membantu tenaga medis setempat.

Bantuan nakes dari Lanal Saumlaki diharapkan bisa mengantisipasi faktor kelelahan nakes di RSUD karena pemerintah menggencarkan program vaksinasi COVID-19 guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Selain tenaga kesehatan, lanjutnya, dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut Lanal Saumlaki juga menerjukan para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar).

"Mereka membantu keamanan agar terciptanya kelancaran vaksinasi mulai dari mengatur antrian, mengingatkan peserta vaksinasi menggunakan masker yang memenuhi syarat dan mengontrol jarak sehingga diharapkan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, rapi dan aman sesuai protokol kesehatan," katanya.

Ia menyatakan, Lanal Saumlaki akan terus dan siap membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat serta kegiatan-kegiatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di Kepulauan Tanimbar.

Menurut dia, ditargetkan total penerima vaksin Sinovac berjumlah 350 dengan sasaran Masyarakat Kepulauan Tanimbar, TNI- POLRI dan Para ASN.

Danlanal juga menyebutkan, pada hari Jumat (24/7), Lanal Saumlaki juga turut serta membantu serbuan vaksinasi COVID-19 yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Puskesmas Saumlaki.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!