Sekilas Info

Polda Maluku dan Lantamal Ambon Terus Beri Vaksinasi Gratis, Warga Diingatkan Tetap Jalankan Prokes

satumalukuID/Humas Polda Maluku) Vaksinasi yang berlangsung di Gerai Vaksinasi Presisi Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon hari ini Sabtu (24/7/2021), diikuti oleh sebanyak 740 orang warga.

satumalukuID - Selain Kepolisian Daerah (Polda) Maluku yang konsisten memberikan layanan vaksinasi gratis kepada masyarakat di Ambon, lewat Gerai Vaksinasi Presisi di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, pihak Lantamal IX Ambon, juga melakukan hal yang sama, lewat serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim di daerah ini.

Komandan Lantamal IX laksma TNI Eko Jokowiyono, melalui Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) FX Suhardjo, Letkol Laut (K) Bambang Teguh Hariyoso mengaku, kegiatan vaksinasi yang dilakukan pihaknya, khusus menyasar warga masyarakat pesisir di sekouat Kompleks Lantamal, di kawasan Halong, Kota Ambon.

“Guna mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Maluku, khususnya di kawasan Halong. Program yang dipusatkan di Maluku Diving Rescue Center, Kompleks Lantamal IX Ambon ini, dilaksanakan setiap hari pada tempat yang sama dengan target harian 50 orang,” terangnya, Sabtu (24/7/2021).

Menurut dia, hari ini, selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, untuk berjuang dan saling bahu-membahu dalam percepatan penanganan COVID-19, terutama masyarakat maritim.

Proses vaksinasi tersebut, lanjut Bambang, dilakukan oleh 12 orang vaksinator dari Rumkital FX Soehardjo Lantamal IX Ambon. “Hal ini merupakan bentuk dukungan nyata TNI AL terhadap Program Pemerintah yang menargetkan satu juta vaksin perhari,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat menyebutkan, kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Gerai Vaksinasi Presisi Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, hari ini Sabtu (24/7/2021), diikuti oleh sebanyak 740 orang warga.

“Ratusan orang divaksinasi sejak pukul 06.00 sampai dengan pukul 13.00 WIT. Vaksinasi ini kami lakukan dalam menyongsong HUT Bhayangkara ke 75 yang dimulai sejak tanggal 26 Juni 2021, sampai saat ini," terangnya.

Menurut Rum, vaksinasi dosis pertama maupun kedua yang diberikan kepada masyarakat dilakukan menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

"Kalau pada vaksinasi pertama disuntik dengan Sinovac maka yang kedua juga Sinovac. Kalau dengan Astrazeneca, maka yang kedua juga Astrazeneca. Vaksinasi dilaksanakan gratis kepada warga yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin aman dan halal," ujar mantan Kapolres Kepulauan Aru dan Kota Tual ini.

Dia katakkan, kendati sudah divaksin, tapi pihaknya dari Polda Maluku terus mengajak masyarakat untuk senantiasa taat dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

"Kami harap masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas," pintanya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!