Sekilas Info

Masyarakat Pesisir Ternate Ikuti Vaksinasi Massal Bersama Lanal

Photo: Abdul Fatah/ant Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate bersama Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), melakukan vaksinasi massal kepada masyarakat pesisir di Kecamatan Pulau Batang Dua yang merupakan pulau terluar di daerah ini.

satumalukuID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate bersama Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), melakukan vaksinasi massal terhadap masyarakat pesisir di Kecamatan Pulau Batang Dua yang merupakan pulau terluar di daerah ini.

Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin kepada ANTARA di Ternate, Jumat, mengatakan, masyarakat di Pulau Batang Dua sangat antusias saat menerima suntikan vaksinasi yang dilaksanakan oleh tim kesehatan dari Lanal Ternate bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate, melalui Dinas Kesehatan setempat.

Ia menjelaskan, Kecamatan Pulau Batang Dua yang terdiri dari Pulau Mayau dan Pulau Tifure itu, merupakan pulau terluar di bagian Barat di Provinsi ini, yang berbatasan langsung dengan Bitung, Sulawesi Utara. Masyarakat di daerah itu, baru pertama kali menerima suntikan vaksin setelah sebelumnya dilaksanakan di Pulau Moti dan Pulau Maitara, yang merupakan pulau terluar.

Sehingga, kata dia, pelaksanaan serbuan vaksinasi maritim untuk masyarakat di wilayah pesisir ini merupakan bentuk perhatian serius dari TNI dalam membantu pemerintah daerah dalam penanganan COVID-19.

“Sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut yang menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan bulan Juli ini pelaksanaan serbuan vaksinasi kepada masyarakat ditargetkan 1 juta per hari. Masyarakat harus menerima suntikkan vaksinasi dalam upaya mengendalikan penularan virus corona,”ujar Danlanal.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyatakan sangat apresiasi kepada jajaran TNI dan Polri yang telah membantu pemerintah daerah dalam penanganan COVID-19, salah satunya melaksanakan percepatan dan penanganan serbuan vaksinasi kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir

Ia menambahkan, selain vaksinasi yang dilaksanakan oleh tim kesehatan, juga dilakukan tes usap antigen kepada masyarakat, agar mengetahui kondisi kesehatan mereka, sehingga tujuannya dari kegiatan ini adalah bagaimana upaya mengendalikan dan memutuskan rantai penularan virus corona

“Kami juga memberikan bantuan paket bahan pangan kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat terdampak dari wabah virus corona, sehingga dengan bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi dalam memenuhi kebutuhan keluarga,”kata mantan Sekertaris Kota Ternate itu.

Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Pulau Batang Dua, rombongan Wali Kota Ternate bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dengan menggunakan kapal milik TNI AL - KRI Kakap 811.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!