Sekilas Info

Kajati Maluku Pamit di Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 Tahun

satumalukuID/Husen Toisuta Kepala Kejati Maluku Rorogo Zega (tengah) memberikan keterangan pers usai peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 di Aula Kejati Maluku, Kota Ambon, Kamis (22/7/2021).

satumalukuID- Belum genap setahun Rorogo Zega mengabdi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku. Tapi, ia boleh dibilang berhasil menuntaskan sejumlah kasus lama yang terbengkalai, bahkan mampu menangkap 10 orang buronan kasus tindak pidana korupsi di Maluku.

Tepat pada 5 Agustus 2020 lalu, Rorogo dilantik sebagai Kajati Maluku. Rencananya pada 29 Juli 2021 nanti, dia kembali dilantik sebagai Direktur Ekonomi dan Keuangan pada Jamintel, Kejaksaan Agung RI dan menyerahkan jabatan lamanya.

Kajati Maluku yang baru nanti bukanlah orang asing. Dia adalah DR. Undang Mangopal, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kajati Maluku.

"Hari ini adalah peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61. Juga telah beredar SK kami jaksa Agung RI 168 tanggal 14 Juli 2021. Di SK itu ada dua dari Maluku. Saya ditugaskan ke Kejagung dan Bapak Undang Mangopal Wakajati Maluku dipromosikan menjadi Kajati Maluku," kata Rorogo Zega kepada wartawan usai mengikuti upacara peringatan HBA ke-61 di aula Kejati Maluku, Kota Ambon, Kamis (22/7/2021).

Menurut Rorogo, Wakil Kajati Maluku yang baru adalah Yudi Swardi, koordinator dari Intelijen saat ini.

"Rencana kami pa Kajati yang baru (Undang Mangopal) kami sudah mendapat panggilan untuk dilantik di Jakarta tanggal 29 besok Kamis Minggu depan. Jam 09.00 WIT. Kami siapkan diri berangkat pada hari Selasa, kami berangkat 27 dengan pesawat pagi untuk mempersiapkan diri," katanya.

Sebelum berangkat, Rorogo mengaku pihaknya akan terlebih dahulu melantik Wakajati Maluku yang baru.

"Beliau sudah hadir di Ambon pada hari Minggu. Sehingga pada saat kami berangkat masih ada pimpinan Wakajati di daerah ini," terangnya.

"Saya dilantik (sebagai Kajati) 5 Agustus 2020 dan diserahterimakan pada 29 Juli 2021. Jadi satu tahun kurang 7 hari saya bertugas di Maluku," katanya.

Ia mengaku selama bertugas sangat merasa senang dengan lingkungan pekerjaannya. Ini disebabkan adanya sinergitas dengan para pegawai Kejati Maluku.

"Di kantor, saya dengan pa Udang saling sinergi dan seluruh asisten sangat mendukung saya untuk melaksanakan tugas tugas pokok saya sebagai Kajati dan melaksanakan seluruh kegiatan kedinasan di Kejati Maluku. Itu yang tersentak buat saya," katanya.

Selama bertugas di daerah Para Raja ini juga, Rorogo mengaku senang dengan suport yang diberikan rekan-rekan media, baik cetak, online dan elektronik.

"Teman-teman media selalu meliput kegiatan di Kejati terutama kinerja yang ditorehkan selama saya di sini, dan kami merasa ini dukungan luar biasa kepada saya dan seluruh jajaran Kejati Maluku," terangnya.

Dengan suport yang diberikan selama hampir satu tahun, Rorogo juga berharap kepada media bisa mendukung hal serupa kepada Kajati Baru nanti yakni Undang Mangopal.

"Saya minta apa yang telah diberikan kepada saya selama ini, teman-teman media juga bisa mendukung pa Undang pada masa sebagai Kajati di sini
Karena tanpa bapak ibu sekalian media ini kami tidak bisa bekerja secara maksimal," pintanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!