Sekilas Info

Lanal Tanimbar Jangkau Ratusan Warga Pesisir Maluku untuk Vaksinasi

Photo: Simon Lolonlun/ant Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa saat meninjau program serbuan vaksinasi di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

satumalukuID - Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki terus berupaya menggencarkan program "Serbuan Vaksin" yang hingga kini sudah menjangkau hingga 280 orang masyarakat maritim atau pesisir di kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

"Mengingat penyebaran COVID-19 ini lebih cepat dan terus menyebar di seluruh daerah, maka serbuan vaksinasi Covid-19 akan terus kita lakukan guna memutus penyebaran COVID-19, dan  bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin untuk tetap menjaga kebersihan dan menerapkan protkes 5M seperti mencuci tangan,memakai masker,menjaga jarak,menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas sehingga pergerakan dan penyebaran COVID-19 dapat dieliminasi, " kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa kepada ANTARA di Saumlaki, Senin.

Ia menyatakan, serbuan vaksin ini merupakan pelaksanaan dari perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL. Serbuan Vaksinasi sudah empat kali digelar di Tanimbar, pertama di Pos TNI AL Larat Tanimbar Utara dengan jumlah warga divaksin 70 orang, kemudian di pelabuhan laut Saumlaki 50 orang, serta vaksinasi yang ketiga dan keempat di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ukur Laran dengan jumlah warga divaksin 160 orang.

Serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang terakhir digelar Lanal di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ukur Laran, Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan pada 17-18 Juli 2021. Danlanal mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kepulauan Tanimbar.

"Sasarannya desa-desa pesisir, pelabuhan perikanan, desa Kampung Bahari Nusantara dan penduduk sekitar Mako Lanal," kata Ridwan.

Tim vaksinator dari Lanal Saumlaki menggandeng tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Balai Kesehatan dari Satrad 245 /Saumlaki. Kepala Tim vaksinator adalah Pgs Kepala Balai Pengobatan (BP) Lanal Saumlaki Letda Laut (K) dr. Dipta Bagus Yudha Pratama dibantu Personil Lanal Saumlaki serta ibu Jalasenastri cabang 3 Korcab IX DJA III.

Sebelum dilaksanakan Vaksin terhadap masyarakat dilaksanakan swab antigen, setelah didapatkan hasil negatif peserta menuju loket pendaftaran, pemeriksaan suhu, tensi, screening data kesehatan sesuai dengan standar Kemenkes RI, setelah tidak ditemukan masalah, penerima vaksin diberikan vaksin dan observasi pasca pemberian vaksin serta sertifikasi.

Menurut dia, warga sangat antusias mengikuti program tersebut.

"Antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, hal tersebut terbukti meski dibawah terik matahari, masyarakat berbondong-bondong mengantre untuk mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh Lanal Saumlaki dengan harapan meningkatkan kekebalan kelompok atau 'herd immunity' terhadap COVID-19," ujarnya.

Danlanal menyebutkan, sampai dengan saat ini Lanal Saumlaki telah melaksanakan empat kali Serbuan Vaksin kepada Masyarakat Maritim Kepulauan Tanimbar dengan vaksin jenis sinovac.

Danlanal juga berharap kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar segera mengikuti kegiatan vaksinasi yang diprogramkan oleh pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 untuk menuju Indonesia sehat bebas COVID-19.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!