Sekilas Info

Harga Daging Sapi Naik Rp150 Ribu Menjelang Lebaran Hari Raya Idul Adha

Photo: Abdul Fatah/ant Menjelang lebaran hari raya Idul Adha di Ternate, Maluku Utara, berbagai kebutuhan masyarakat alami kenaikan diantaranya harga daging sapi dari Rp120 ribu per kg kini naik menjadi Rp150 ribu per kg.

satumalukuID - Harga daging sapi menjelang lebaran hari raya Idul Adha 1442 Hijriah di Ternate, Maluku Utara (Malut) mengalami kenaikan dari Rp120 ribu per Kg  menjadi Rp150 ribu per Kg.

Salah seorang pedagang daging Sapi, Riswan, di Ternate (15/7/2021), mengatakan membenarkan naiknya harga daging sapi dipicu tingginya kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Selain itu, kebutuhan stok daging sapi di Ternate dalam beberapa bulan terakhir ini berkurang, menyusul pengiriman hewan ternak jenis besar ini ke luar Malut meningkat pesat.

Bahkan, berdasarkan data Karantina Hewan Pertanian Ternate hingga Juni sampai Juli 2021, sebanyak 500 lebih hewan sapi yang dikirim ke luar Malut terutama dari Pulau Halmahera merupakan sapi jantan

Sedangkan, Ketua TPID Kota Ternate, Jusu Sunya mengakui, kebutuhan daging segar yang dikeluhkan, karena peminat pembeli per hari relatf tinggi, sehingga pedagang daging sapi harus menyiapkan 1.200 Kg per hari.

Sedangkan sapi dari Halmahera sudah mulai berkurang sebab, pembeli dari luar Malut membeli dengan harga yang lebih tinggi, bahkan ternak sapi jenis betina pun dijual.

Dia mengakui, adanya usulan pasar ternak dari Dinas Pertanian Kota Ternate selalu dipangkas Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD), sehingga Kota Ternate krisis daging sapi segar.

Hal ini dikarenakan TPID selalu bertumpu pada sapi Halmahera. Sedangkan,  sapi di pulau tetangga sudah dibeli oleh pedagang dari luar Malut dengan harga yang begitu tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan jalur koordinasi dengan TPID Provinsi Malut untuk mencegah pembelian dari luar Malut.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!