Sekilas Info

CATATAN NOVI PINONTOAN

Sepakbola Olimpiade Tokyo Tanpa Finalis Euro 2020, Terjadi Big Match Jerman vs Brazil dan Argentina vs Spanyol

Euro 2020 dan Copa America 2021 telah berakhir. Italia dan Argentina sukses bawa pulang trophi Hendri Delaunay. Penggemar sepakbola sejagat pun sepi tontonan menarik.

Namun kesepian itu takkan berlangsung lama. Sebab satu pekan lebih lagi tepatnya 22 Juli 2021, penggemar olahraga terutama cabang sepakbola akan kembali menonton pertandingan seru. Kali ini terjadi di arena prestisus Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Pasalnya, meski para pemain timnas sepakbola Olimpiade adalah kategori U-23 plus 3 pemain senior sesuai aturan FIFA. Tetapi persaingan di lapangan diprediksi berlangsung ketat. Karena melibatkan negara-negara kuat tradisi dan berprestasi di sepakbola.

Sebut saja ada Brazil dari Argentina dari Amerika Latin. Lalu Jerman, Prancis dan Spanyol dari benua Eropa. Lantas Meksiko, Korea Selatan, Jepang, Afrika Selatan, Mesir, Arab Saudi dan lainnya.

Hanya saja. Disayangkan, dua negara yang baru saja bertarung di partai final Euro 2020 yakni Italia dan Inggris tidak ikut berlaga di Olimpiade Tokyo. Termasuk juga Belanda, Portugal, Belgia, Kroasia, Denmark dan Ceko. Mereka tidak lolos proses kualifikasi Olimpiade di zona nya masing-masing.

Tentunya para fans tim-tim tersebut tak bisa melihat para pemain muda tim idolanya beraksi. Terutama fans tim oranje Belanda, yang memiliki banyak penggemar di Indonesia khususnya di Ambon Maluku.

Meski arena sepakbola Olimpiade belum dimulai. Namun sudah sangat mengejutkan. Ini lantaran terjadi partai big match antar tim benua Eropa vs tim Amerika Latin di babak grup nanti.

Pasalnya, hasil undian cabang sepakbola menempatkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol serta Amerika Latin yakni Brazil dan Argentina masuk dalam satu grup. Sehingga untuk lolos ke babak berikut guna merebut medali mereka harus saling menjegal.

Argentina vs Spanyol akan bentrok di Grup C
Sedangkan dua raksasa sepakbola dunia, Brazil dan Jerman akan duel di Grup D.

Partai Brazil vs Jerman bisa jadi bernuansa "balas dendam". Hal ini mengingatkan kita pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2014 di Brazil.

Dimana saat itu Jerman mempermalukan tuan rumah 7-1 di hadapan pendukungnya sendiri. Jerman akhirnya jadi juara dunia 2014 setelah di final taklukan Argentina 1-0.

Berikut hasil undian cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020:
Grup A: Jepang, Afrika Selatan, Meksiko, Prancis
Grup B: Selandia Baru, Korea Selatan, Honduras, Rumania.
Grup C: Mesir, Spanyol, Argentina, Australia.
Grup D: Brasil, Jerman, Pantai Gading, Arab Saudi.

Baca Juga

error: Content is protected !!