Sekilas Info

Ambon Kembali Zona Merah, Satgas Covid-19: Protokol Kesehatan Obat Manjur

satumalukuID- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kembali menetapkan Kota Ambon sebagai kawasan zona merah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Peralihan status ibukota Provinsi Maluku dari zona oranye ke zona merah tersebut sudah diberlakukan sejak Minggu (4/7/2021) lalu.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung, mengungkapkan, secara keseluruhan Maluku masih berada pada zona oranye dengan skoring 1,88.

"Pada Minggu sebelumnya, skoring provinsi Maluku sebesar 2,1," kata dr. Adonia Rerung, Selasa (6/7/2021).

Khusus untuk Kota Ambon, tambah Adonia, terhitung pada Minggu (4/7/2021) lalu telah ditetapkan sebagai kawasan dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

"Per tanggal 4 Juli 2021 Kota Ambon telah memasuki zona merah dengan risiko Tinggi dengan skoring 1,7. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan minggu sebelumnya dengan skoring sebesar 1,83," sebutnya.

Selain Kota Ambon, Kabupaten Kepulauan Aru, juga mengalami penurunan skoring, meski masih  berada pada zona risiko sedang atau zona oranye.

"Jika mengamati perkembangan Covid-19 di Provinsi Maluku akhir-akhir ini, trend peningkatan kasus baru melonjak secara fantastis," sebutnya.

Menurutnya, terhitung pada Senin (5/7/2021), penambahan kasus baru di Maluku naik sebanyak 349 kasus. Itu merupakan rekor penambahan kasus baru terbanyak di Maluku saat ini.

"Belum lagi jumlah kasus meninggal harian per tanggal 5 Juli 2021 sebanyak 5 orang yang meninggal terkonfirmasi Covid-19, merupakan rekor tertinggi kasus meninggal harian di Provinsi Maluku," terangnya.

Dengan data tersebut, kata Adonia, mesti menjadi perhatian bersama. Seluruh elemen masyarakat harus bersama-sama mengupayakan pemutusan mata rantai penularan Covid-19.

"Mari kita mulai dari melakukan Protokol Kesehatan yang ketat. Ingat 6 M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup, serta menjauhi kerumunan dan menghindari makan bersama. Protokol Kesehatan merupakan Obat Manjur Pencegahan Covid-19," pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!