Sekilas Info

Cuaca Buruk Dua Kapal Berlindung ke Pulau Batang Dua

Photo: Abdul Fatah/ant Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, dua kapal tujuan Pelabuhan Manado-Ternate harus berlindung ke Pulau Batang Dua, menyusul tingginya gelombang laut.

satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara menyatakan dua kapal tujuan Pelabuhan Manado-Ternate harus berlindung ke Pulau Batang Dua, menyusul tingginya gelombang laut.

"Sesuai laporan, dua kapal tengah berlindung di Pulau Bido Batang Dua yaitu Aksar Saputra dan Permata Bunda dan Basarnas siaga 24 jam dan memonitor perkembangan kapal tersebut, kapal dalam keadaan aman namun karena cuaca buruk sehingga kapal memilih berlindung mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Senin.

Namun apabila ada permintaan evakuasi penumpang, Basarnas siap menuju ke TKP untuk melakukan proses evakuasi. Namun sampai saat ini belum ada info permintaan evakuasi dari pihak kapal Aksar Saputra dan Permata bunda.

Karena itu, kepada para nakhoda dan operator kapal yang beroperasi di Perairan Maluku Utara untuk hati-hati dan waspada cuaca buruk.

"Sebaiknya menunda pelayaran selama cuaca buruk di perairan Malut atau diyakini ada ancaman cuaca menuju tujuan, dua Kapal Motor (KM) tujuan Ternate saat ini berlindung di perairan Pulau Batang Dua tepatnya di Kelurahan Bido dan belum melanjutkan perjalanan menuju Ternate dikarenakan cuaca ekstrem," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Baabullah Ternate, meminta pengguna transportasi laut antar-pulau di Maluku Utara (Malut) untuk mewapadai tingginya gelombang laut, karena sangat membahayakan keselamatan saat berlayar.

Prakirawan - BMKG Kelas I Sultan Baabullah Ternate, Justia Prislly menyatakan, potensi gelombang laut mencapai 2.5 meter di wilayah penyebrangan seperti Ternate-Batang Dua-Bitung, Ternate-Jailolo-Loloda-Morotai, Ternate-Bacan-Sanana-Mangoli-Bobong.

"Potensi gelombang juga terjadi di wilayah penyebrangan seperti Ternate-Batang Dua-Bitung, Ternate-Jailolo-Loloda-Morotai, Ternate-Bacan-Sanana-Mangoli-Bobong, sehingga calon penumpang akan ke daerah itu untuk berhati-hati," katanya.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!