Sekilas Info

Pemprov Pastikan Pelaksanaan STQ XXVI di Malut Tidak Ada Kendala

Photo: Abdul Fatah/ant Wakil Gubernur Malut, M Al Yasin Ali.

satumalukuID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menyatakan, pelaksanaan STQ Nasional XXVI akan dipusatkan di Sofifi pada bulan Oktober 2021 sudah tidak ada masalah dan seluruh fasilitas akan dirampungkan sebelum helatan tersebut.

Wakil Gubernur Malut, M Al Yasin Ali dihubungi, Minggu, mengatakan, pembangunan masjid raya yang akan dijadikan arena pelaksanaan lomba STQ Nasional  XXVI pasti rampung pada bulan September 2021.

"Sebab, saat ini atap sudah selesai terpasang dan saat ini tengah dilakukan plesteran dua menara depan, tinggal dua menara belakang yang belum, tetapi masih ada waktu tiga bulan lagi dan mudah-mudahan bisa rampung," katanya.

Menurut Wagub, dirinya bersama gubernur fokus membenahi masalah Kota Sofifi, karena yang datang ini duta - duta dari berbagai daerah provinsi di Indonesia.

Menyinggung kondisi pandemi COVID-19, kata Wagub, tidak ada masalah, tentu harapannya melalui STQ XXVI tahun 2021 yang pusatkan di Malut mudah-mudahan sang pencipta mengangkat seluruh virus dan penyakit yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Sebelumnya, Pemprov Malut bersama Kementerian Agama RI resmi melaunching logo, website dan ivent Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional tahun 2021 dipusatkan Kantor Gubernur Malut.

Dia mengatakan, launching logo, website lomba STQ Nasional Sofifi merupakan harapan terbesar bagi seluruh jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat Malut adalah sebuah harapan terbesar.

Dia menyatakan, penyelenggaraan STQ ditujukan untuk mencari bibit unggul yang akan menjadi perwakilan Indonesia pada gelaran tilawatil tingkat internasional dan tujuan utama diselenggarakannya Seleksi Tilawatil Qur’an adalah untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengalaman membaca isi kandungan Al-Qur’an.

Sekedar diketahui, pelaksanaan launching dihadiri perwakilan dari 19 Provinsi secara tatap muka dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, Forkompinda Provinsi, Kanwil Kementerian agama se-Indonesia, Ketua-ketua LPTQ se-Indonesia dan secara vitual oleh 15 provinsi.

Untuk masing-masing Cabang Lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara terdiri dari golongan Putera dan Puteri yaitu untuk Cabang Seni Baca Al-Qur’an Golongan Anak-anak (Putra dan putri) dan Golongan Dewasa (Putra dan putri).

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!