Sekilas Info

CATATAN NOVI PINONTOAN

Italia vs Belgia, Pertarungan Tim Unggul Head to Head dan Peringkat 1 Dunia

satumalukuID - Babak perempatfinal atau 8 Besar Euro 2020 nanti malam (2/7/2021) dan Sabtu dinihari (3/7/2021) akan mempertemukan empat tim yakni Spanyol vs Swiss dan Italia vs Belgia.

Yang menarik adalah partai big match Italia vs Belgia. Pertemuan ini bukan saja sarat pemain bintang. Namun lebih dari itu yakni pertarungan terjadi antara tim yang unggul head to head atau rekor pertemuan (Italia) dan tim yang dalam dua tahun terakhir menempati peringkat 1 FIFA (Belgia).

Selain itu, bentrok pasukan Roberto Mancini dan skuad asuhan Roberto Martinez ini, juga partai dua tim yang belum terkalahkan. Setan Merah atau De Rode Duivels -julukan Belgia- selama keikutsertaan di Piala Eropa 2020, mulai dari kualifikasi menyapu bersih 14 pertandingan dengan kemenangan.

Hal yang sama pun dialami Italia. Chellini, Bonucci dkk sudah memenangkan 14 pertandingan mereka di Piala Eropa 2020. Hal itu menandakan Italia telah bangkit dari keterpurukan.

Di sisi lain, meskipun Belgia menempati peringkat satu FIFA. Namun sayangnya, Kevin de Bruyne, Eden Hazzard, Romelu Lukaku dkk belum bisa meraih satu pun trofi internasional. Prestasi tertinggi mereka adalah runner up Piala Eropa 1980 (di final kalah 1-2 dari Jerman Barat) serta juara tiga Piala Dunia 2018 lalu.

Dalam soal prestasi turnamen besar. Belgia memang kalah pamor dari Italia. Pasalnya, Gli Azzuri merupakan negara besar di sepakbola seperti Brazil, Jerman, Prancis, Argentina dan Spanyol. Ini lantaran untuk level Eropa, Italia pernah juara Euro edisi 1968 dan dua kali runner up tahun 2000 dan 2012. Sedangkan level Piala Dunia kubu Italia sudah 4 kali juara yakni tahun 1934, 1938, 1982 dan 2006.

Namun, Italia sempat terpuruk di Piala Dunia 2018 karena tidak lolos ke putaran final. Kini ditangan Mancini, Italia mampu tampil sempurna di fase grup. Poin 9 dari 3 kali kemenangan tanpa pernah kebobolan. Bahkan, Italia tidak terkalahkan dalam 31 pertandingan terakhir dengan rincian 26 kali menang dan 5 kali imbang. Ini bukti Italia telah bangkit dari keterpurukan.

Meski Italia punya pamor, nama besar dan prestise. Tetapi jangan remehkan Belgia. Skuad "setan merah" ini selain punya banyak pemain bintang di klub-klub besar. Prestasi Belgia belakangan ini lebih mengkilap dari pada Italia. Hal itulah membuat mereka duduk terus di peringkat 1 dunia FIFA.

Apalagi striker Belgia yaitu Romelu Lukaku yang sudah mencetak tiga gol selama Euro 2020 ini, kenal betul karakter sepakbola negeri spagheti tersebut. Sebab Lukaku main di Inter Milan dan baru saja bawa klubnya juara liga Seri A. Otomatis Lukaku paham karakter pemain bertahan Italia yang sudah sering bertemu di kompetisi.

Pada akhirnya. Meski sama-sama cemerlang di Piala Eropa 2020, tetapi dari aspek data statistik, Italia lebih unggul daripada Belgia dalam head to head atau rekor pertemuan. Kedua tim sudah 22 kali bertemu dengan hasilnya, Italia menang 14 kali, imbang 4 kali, dan Belgia hanya 4 kali meraih kemenangan.

Nah kini tergantung hasil di lapangan nanti. Mampukah Belgia menunjukkan penampilan maksimal sebagai tim peringkat 1 dunia? Ataukah racikan Mancini bisa meredam Belgia dan menambah rekor kemenangan? Mari kita tunggu hasilnya. Dewi fortuna atau keberuntungan berpihak ke siapa? Yang pasti. Jangan lupa. Bola masih bundar. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!