Sekilas Info

CATATAN NOVI PINONTOAN

Jerman vs Inggris, Partai Klasik Bergengsi Beraroma Premiere League dan Sejarah Wembley

satumalukuID - PRESTISE. Bergengsi. Prait. Emosional. Kontroversial dan bersejarah. Itulah situasi pertemuan klasik Eropa, antara timnas Jerman vs Inggris. Inilah partai yang penuh persaingan selain Jerman vs Italia dan Jerman vs Belanda.

Jerman dan Inggris Selasa tengah malam nanti atau Rabu dinihari (29/6/2021), akan bertemu di babak 16 Besar Euro 2020 di Stadion Wembley London.

Pertemuan kedua tim selalu penuh dengan momen bersejarah dan adu gengsi para pemain mereka. Menurut catatan, ini pertemuan ke 8 bagi Jerman dan Inggris di turnamen besar resmi seperti Piala Dunia dan Piala Eropa. Inggris terakhir kali singkirkan Jerman di babak sistem gugur yakni di final Piala Dunia 1966.

Kita mulai dari tahun 1966 di stadion Wembley, ketika Inggris untuk pertama kalinya sukses juara Piala Dunia. Di partai final yang masih perebutkan Jules Rimet Cup, Inggris berhasil kalahkan Jerman 4-2 melalui perpanjangan waktu.

Kemenangan itu, sampai kini masih kontroversi karena diwarnai insiden "gol hantu". Yakni gol ke tiga Inggris di menit 101. Pasalnya, tembakan Geoff Hurst belum melewati garis gawang, namun disahkan oleh wasit sehingga Inggris unggul 3-2 dan akhirnya 4-2.

46 tahun kemudian terjadii insiden terbalik pada Inggris. Hal itu terjadi di babak 16 Besar Piala Dunia 2010 yang disebut sebagai "kutukan 1966". Pasalnya, saat Jerman unggul 2-1, Inggris sempat cetak gol samakan skor 2-2 oleh tendangan Frank Lampard ke gawang Manuel Neuer. Tembakan Lampard terlihat sudah lewati garis gawang, namun Neuer segera menangkap bola dan wasit tidak mensahkan gol itu. Jerman akhirnya menang 4-1.

Dua momen tersebut menjadi sejarah rivalitas dan kontroversial kedua tim. Nah, selain itu kekalahan Inggris dalam semifinal Piala Eropa 1996 di stadion Wembley. Juga menyisakan kisah tersendiri untuk parta Euro 2020 ini. Lantaran penendang Inggris yang gagal adalah Gareth Soutgate. Yang saat ini menjadi pelatih skuad Inggris. Jerman akhirnya juara Piala Eropa 1996 di Wembley setelah kalahkan Ceko 1-0.

Selanjutnya 1 2
Penulis:
Editor:Novi Pinontoan

Baca Juga

error: Content is protected !!