Sekilas Info

Polri Buka Gerai Vaksin Presisi Gratis Tanpa Syarat KTP Domisili

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek untuk membuka gerai vaksin Presisi secara gratis.

Gerai vaksin dibuka tanpa syarat KTP Domisili. Tujuannya untuk memfasilitasi semua masyarakat yang belum divaksinasi Covid-19.

"Polri mendirikan gerai vaksin Presisi seluruh Polda, Polres, Polsek di Indonesia. Gerai vaksin Presisi akan melayani masyarakat yang belum vaksin," kata Listyo dalam keterangan tertulis dari Jakarta, Senin (28/6/2021).

Mantan Kapolda Banten itu mengaku gerai Presisi yang dibuka tersebut tidak dipungut biaya bagi masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin.

Gerai vaksin itu sendiri sudah dimulai di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Klinik Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Metro Tangerang, Mall CGV Tangerang, Polres Metro Kota Bekasi dengan sembilan Polsek dibawahnya, dan Polsek Tebet. Sementara, Polda, Polres dan Polsek lain bakal segera mengaktifkan gerai tersebut.

Selain itu, gerai vaksin Presisi juga berlaku untuk seluruh elemen masyarakat tanpa syarat domisili. Dengan kata lain, warga yang beralamat dimanapun di KTP dipersilakan datang ke kantor polisi terdekat.

"Masyarakat silakan datang yang belum vaksin cukup bawa KTP saja. KTP se-Indonesia," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Menurutnya, gerai Presisi didirikan sebagai upaya mempertahankan kemampuan vaksinasi satu juta orang per hari. Ini dilakukan untuk mewujudkan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS-CoV-2 tersebut.

Polri sendiri telah mewujudkan program sehari satu juta vaksin pada 26 Juni 2021 lalu. Hal itu sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75, yakni, "Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju."

Pada tanggal 26 Juni 2021 lalu, dalam Dashboard Highlight yang dimiliki Polri sebagai bentuk keterbukaan, tercatat 1.285.460 orang telah disuntik vaksin.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!