Sekilas Info

EURO 2020

Euro 2020: Unggul Head to Head, Mampukah Portugal serta Ceko Atasi Belgia dan Belanda?

Kiri ke kanan, Christiano Ronaldo, Romelu Lukaku dan Wijnaldum.

PERTANDINGAN 16 Besar Euro 2020 sudah dimulai. Dalam dua laga awal, tim "dinamit" Denmark mampu bikin kejutan dengan menang telak 4-0 atas Wales. Disusul Austria sukses tahan Italia 0-0 pada 90 menit waktu normal.

Namun di babak tambahan waktu 2 x 15, skuat asuhan Roberto Mancini akhirnya menang tipis 2-1. Skor tersebut membuat untuk pertama kalinya Italia kebobolan gol. Karena tiga partai di grup semuanya dimenangkan tanpa dibalas lawan.

Nah, babak 16 Besar akan dilanjutkan dengan dua partai pada tengah malam atau Senin dinihari nanti (27/6/2021). Yaitu antara timnas Belanda vs Rep Ceko serta big match Portugal vs Belgia.

Menarik disimak rekor pertemuan atau head to head keempat timnas itu. Pasalnya, meskipun Belanda diunggulkan akan menang atas Ceko serta Belgia sebagai peringkat 1 dunia versi FIFA difavoritkan kalahkan Portugal, tetapi statistik data dan sejarah pertemuan mereka berbanding terbalik dengan prediksi di atas kertas.

HEAD TO HEAD PORTUGAL VS BELGIA

Bentrokan Portugal vs Belgia di fase 16 Besar ini merupakan salah satu partai besar atau big match. Ini karena Portugal adalah juara bertahan Euro 2016. Sedangkan Belgia kini peringkat 1 dunia dan juga juara 3 Piala Dunia edisi terakhir 2018.

Pertemuan kedua tim juga akan menguji ketajaman striker mereka sekaligus calon top skor even sepakbola akbar ini. Yaitu antara Christiano Ronaldo yang sudah cetak 5 gol dan Romelu Lukaku 3 gol.

Bukan saja di posisi striker. Persaingan juga akan terjadi di sektor lapangan tengah, second striker maupun belakang. Penyebabnya, Belgia dan Portugal memiliki para bintang di sektor tersebut.

Sebut saja kubu Belgia punya Eden Hazzard, Kevin de Bruyne, Axel Witzel, Thorgan Hazard, Michy Batshuayi, Christian Benteke, Dries Mertens serta di belakang ada tiga pemain berpengalaman yakni Toby Alderwereid, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen dan kiper Thibaut Cortouis.

Bagaimana dengan Portugal? Selain Ronaldo, mereka memilik pemain senior sarat pengalaman Pepe, Nelson Semedo, Danilo Pereira, Bruno Fernandes, Joao Moutinho, Renato Sanches, William Carvalho, Andre Silva, Bernardo Silva, Diogo Jota dan Joao Felix.

Dengan skuat senior dan muda di kedua kubu. Sulit untuk menebak siapa pemenangnya. Kesiapan teknik, mental dan faktor non teknislah yang sangat berperan menentukan pemenangnya. Tentunya tak lepas dari dewi fortuna atau keberuntungan berpihak kemana?

Namun demikian, bila melihat data statistik pertemuan kedua tim. Maka Portugal lebih unggul tipis dari Belgia. Rinciannya, dari 18 pertemuan Portugal unggul dengan 6 kali menang berbanding 5 kemenangan untuk Belgia. Serta 7 laga sisanya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir Belgia dan Portugal pada Juni 2018 lalu. Kedua tim bermain imbang 0-0 dalam pertandingan persahabatan di Stade Roi Baudouin, Brussels.

Ronaldo dkk terakhir kali menang atas Belgia pada Maret 2016 di partai persahabatan. Mereka menang dengan skor 2-1. Sedangkan Belgia cukup lama tidak menang atas Portugal. Terakhir kali Belgia kalahkan Portugal pada September 1989 dengan skor 3-0 di kualifikasi Piala Dunia 1990.

Mampukah Portugal mempertahankan keunggulan tipis rekor pertemuan atas Belgia? Atau terjadi sebaliknya? Menarik ditunggu hasilnya.

HEAD TO HEAD BELANDA VS CEKO

Tak kalah menariknya pada bentrokan Belanda vs Rep Ceko. Secara teknis dan materi pemain, Belanda difavoritkan mampu mengatasi anak-anak asuhan Jaroslav Silhavy.

Pasukan de Oranje tampil impresif di fase grup. 3 kali main semuanya dimenangkan Wijnaldum dkk mampu mencetak 8 gol namun kebobolan 2 gol.

Pelatih Frank de Boer juga memiliki pemain-pemain sarat pengalaman dan muda yang bertalenta. Seperti Memphis Depay, Wijnaldum, Daley Blind, Franky de Jong, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Nathan Aké, Denzel Dumfries, Donny van de Beek, Steven Berghuis, Quincy Promes, Wout Weghorst dan Luuk de Jong.

Di kubu Rep Ceko, mereka tidak memiliki pemain bintang di klub-klub besar. Namun striker nya Patrik Schick harus diwaspadai. Lantaran mantan pemain Sampdoria, AS Roma, Leipzig dan kini di Bayern Leverkusen itu telah mencek 3 gol di Euro kali ini.

Ceko juga bukan tim kecil. Mereka memiliki sejarah sepakbola yang bagus ketika masih bernama Cekoslowakia. Mereka pernah juara Eropa 1976 dan runner up 1996. Ceko juga sempat menjadi runner-up Piala Dunia FIFA pada tahun 1938 & 1962.

Jadi kubu Belanda tidak bisa anggap enteng mereka. Apalagi head to head atau rekor pertemuan kedua tim, justru tim Ceko yang unggul atas Belanda.

Total pertemuan: Ceko vs Belanda yakni 11 kali. Belanda menang: 3 kali. Gol Belanda: 14. Rep Ceko menang: 5 kali. Gol Rep Ceko: 16. Imbang 3 kali.

Lima pertandingan terakhir yaitu 14-10-2015 Belanda 2-3 Rep Ceko (Kualifikasi Euro). 10-09-2014 Rep Ceko 2-1 Belanda (Kualifikasi Euro). 09-10-2005 Rep Ceko 0-2 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia). 09-09-2004 Belanda 2-0 Rep Ceko (Kualifikasi Piala Dunia). 20-06-2004 Belanda 2-3 Rep Ceko (Euro).

Kini kita tunggu. Apakah Belanda yang diunggulkan mampu menambah rekor kemenangannya atas Ceko? Atau bahkan sebaliknya Ceko menambah jumlah kemenangannya? Semua bisa terjadi. Selama bola itu masih bundar. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!