Sekilas Info

Pemkot Ambon – Universitas Udayana Kerja Sama Layanan Kesehatan

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, I Ketut Suyasa, melakukan Penandatanganan kerjasama layanan kesehatan, di Bali, Rabu.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Fakultas Kedokteran program studi kesehatan mata Universitas Udayana melakukan penandatanganan kerja sama layanan kesehatan.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, I Ketut Suyasa, di Bali, Rabu.

Wali Kota menyatakan, kerja sama tersebut terkait pelayanan kesehatan secara berkala oleh dokter-dokter spesialis mata Universitas Udayana pada Balai Kesehatan kota Ambon.

Selain itu pengembangan dan penelitian termasuk riset dan teknologi, serta pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan bagi warga dan masyarakat kota Ambon, khususnya poli mata.

Kota Ambon, sebagai ibu kota Provinsi Maluku, masih jauh tertinggal dari aspek pendidikan.

Dengan kerja sama ini, kata Richard, adanya peningkatan sumber daya manusia di bidang kesehatan, khususnya dokter spesialis poli mata di kota Ambon, sehingga nantinya tidak kekurangan atau kesulitan dokter spesialis mata pada Balai Kesehatan kota Ambon.

"Kerja sama ini sangat membantu dan memudahkan putra - putri terbaik kita yang ingin meningkatkan pendidikan mereka sebagai dokter spesialis mata, serta membantu pelayanan kesehatan khususnya poli mata dengan datang secara berkala," ujarnya.

Dijelaskannya, setiap tahun Pemkot Ambon bekerja sama dengan pemerintah Vlisingen,  Belanda, melakukan bakti sosial seperti operasi bibir sumbing, urologi dan operasi katarak.

"Masalah yang kita hadapi banyak pasien yang datang dalam bakti sosial, berasal dari kabupaten di Maluku. Kami tentu tidak bisa melarang atau menolak mereka, karena ini soal kemanusiaan, " tandasnya.

Kedepan pihaknya, dapat memperluas kerja sama bukan hanya pelayanan kesehatan, tetapi meningkatkan pendidikan sebagai dokter spesialis mata.

"Fakultas kedokteran khususnya prodi mata, menjadi pintu masuk bagi kita untuk melakukan kerja sama dengan fakultas lain di Universitas Udayana," tandas Richard.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, I Ketut Suyasa mengemukakan, prodi mata Universitas Udayana telah melakukan kerja sama lintas provinsi hingga mancanegara, antara lain kabupaten Maumere, Papua, Mamuju Sulsel, dan sejumlah daerah lainnya.

Kerja sama juga dilakukan dengan Hawai di Amerika Serikat dan Australia.

"Kami berharap bukan saja kerja sama dengan prodi mata fakultas kedokteran, tetapi bisa juga dengan fakultas lain di Universitas Udayana," kata Suyasa.

Baca Juga

error: Content is protected !!