Sekilas Info

Dua Negara Peraih Gelar Terbanyak Euro dan Juara Bertahan Bertarung “Hidup Mati”

satumalukuID - Dua negara peraih Piala Eropa terbanyak 3 kali dan juara bertahan Euro 2016 yaitu Spanyol dan Jerman serta Portugal harus melakoni laga "hidup mati" di partai ketiga grup E dan F di arena Euro 2020, Rabu malam ini (23/6) dan Kamis dinihari (24/6).

Di grup E, Spanyol harus bentrok lawan Slovakia untuk menentukan nasibnya serta Swedia vs Polandia. Kekalahan akan membuat skuat asuhan Luiz Enrique gagal ke 16 Besar. Dua laga ini dimainkan bersamaan pukul 23.00 WIB.

Pada grup tersebut, Swedia saat ini memimpin dengan 4 poin, diikuti Slovakia dengan 3 poin, lalu Spanyol dengan 2 poin dan Polandia dengan 1 poin. Sedangkan di Grup F, Prancis memimpin dengan 4 poin, diikuti Jerman dan Portugal 3 poin dan Hungaria dengan 1 poin.

Dua tiket ke babak 16 Besar Euro 2020 sudah dikunci Swedia dan Prancis, meski baru bermain dua kali dan sama-sama mengoleksi empat poin. Jika hal buruk terjadi kepada kedua tim di fase terakhir grup, Swedia dan Prancis tetap bisa lolos lewat jalur posisi ketiga terbaik.

Spanyol sebagai tim yang pernah superior saat meraih gelar edisi 1964, 2008 dan 2012, kali ini tampil tanpa sang kapten Sergi Ramos dan minus rekan-rekannya dari Real Madrid. Hal inilah yang diduga membuat penampilan mereka tidak greget sebagai tim besar yang termasuk diunggulkan.

Era generasi emas Spanyol telah hilang pasca mereka berjaya di Euro 2008 dan 2012 maupun Piala Dunia 2010. Saat itu tim Matador ini masih punya skuat hebat seperti kiper Iker Casilas, Carlos Puyol, Sergi Ramos, Busquet, Pique, Raul, Xavi Hernandes, Iniesta, Morientas, David Villa, Fernando Torres dan seabrek lainnya.

Mampukah Alvaro Moratta, Jordi Alba dkk menaklukkan Slovakia dan melangkah ke 16 Besar? Menarik ditunggu.

GRUP NERAKA

Sementara itu, persaingan masih membara di grup F atau disebut grup "neraka". Lantaran Prancis, Jerman, Portugal masih bertempur hingga detik terakhir untuk menentukan lolos 16 Besar atau juara grup. Sedangkan Hungaria berjuang untuk mendapatkan satu tiket juga.

Pasalnya, Jerman, Portugal dan Austria masih berpeluang lolos. Terkecuali Prancis yang apapun hasil lawan Portugal sudah peroleh jatah salah satu tim peringkat tiga terbaik dengan poin 4.

Di pertandingan terakhir dinihari nanti, Prancis dan Portugal bentrok dalam partai "hidup mati". Bila Portugal kalah maka peluang tipis lolos dan Prancis juara grup dengan poin 7. Namun bila Portugal menang maka Prancis penentuan melalui jalur empat tim peringkat 3 terbaik untuk kuota 16 Besar. Tetapi bila draw, maka Prancis lolos poin 5, sedangkan Portugal poin 4 yang menanti kuota peringkat 3 terbaik.

Namun skenario itu terjadi, juga harus melihat hasil partai Jerman vs Hungaria. Sebab bila Jerman menang dan Prancis yang draw atau kalah, maka Jerman lah yang juara grup dengan poin 6. Sedangkan kalau Jerman Hungaria draw, maka Jerman tetap berpeluang lolos sebagai peringkat tiga terbaik. Tetapi bila Hungaria yang menang peluangnya terbuka untuk lolos, sedangkan Jerman nasibnya ditentukan nanti pada selisih gol untuk perebutan peringkat tiga terbaik.

Dari skenario di atas. Pertarungan sengit bakal terjadi sepanjang 90 menit plus waktu tambahan. Karena itu, pantaslah Grup F disebut sebagai grup "neraka". Lantaran persaingan masih membara hingga laga ketiga atau terakhir. (novi pinontoan)

Daftar Negara yang Sudah Lolos 16 Besar Euro 2020:

1. Italia
2. Wales
3. Swiss
4. Belgia
5. Denmark
6. Belanda
7. Austria
8. Republik Ceko
9. Inggris
10. Swedia
11. Prancis
12. Kroasia

Jadwal 16 Besar Euro 2021

Wales vs Denmark
Italia vs Austria
Belanda vs Peringkat 3 Grup D/E/F
Belgia vs Peringkat 3 Grup A/D/F
Runner-up Grup D vs Runner-up Grup E
Juara Grup F vs Peringkat 3 Grup A/B/C
Juara Grup D vs Runner-up Grup F
Juara Grup E vs Peringkat 3 Grup A/B/C/D. (*)

Baca Juga

error: Content is protected !!