Sekilas Info

PLN UIW MMU Dorong Pelanggan Manfaatkan Fitur SwaCAM

Photo: Abdul Fatah/ant PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mendorong pelanggannya di dua provinsi ini untuk lebih memanfaatkan penggunaan fitur swacam, untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus.

satumalukuID - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mendorong pelanggannya di dua provinsi ini untuk lebih memanfaatkan penggunaan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus.

"PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore. Aplikasi PLN Mobile yang sudah diluncurkan sejak akhir Desember 2020 terus melakukan pengembangan fitur untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan PLN dalam memanfaatkan layanan kelistrikan dalam genggamannya," kata Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW MMU, Amos Pasalli di Ternate, Minggu.

Sebab, pelanggan PLN dapat mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya melalui fitur SwaCAM yang ada pada aplikasi PLN Mobile.

"Sejak April 2021, terdapat fitur terbaru pada menu SwaCAM bagi pelanggan pascabayar untuk mengetahui estimasi tagihan listriknya. Ini juga sebagai bentuk transparasi pemakaian listrik bagi pelanggan. Maka kami mengharapkan seluruh pelanggan di Maluku dan Maluku Utara dapat memanfaatkan fitur ini," ujarnya.

Fitur SwaCAM ini  juga bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan membaca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.

Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

"Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata tiga bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik. Pengguna aplikasi PLN Mobile di Maluku dan Maluku Utara kini mencapai lebih dari 60 ribu pengguna. Kami mengharapkan dengan adanya penambahan fitur terbaru dari ini dapat meningkatkan lagi kepuasan pelanggan dan meningkatkan kepuasan customer experience dalam penggunaan superapps_ini," ujar Amos.

Dia juga  mengingatkan pelanggan subsidi daya 450 VA dan 900 VA di Maluku dan Maluku Utara bahwa stimulus listrik di triwulan II pada 2021 masih tersedia di Juni 2021.

"Khususnya untuk pelanggan pra bayar akan mendapatkan diskon tarif listrik pada saat melakukan transaksi pembelian token listrik, sementara untuk pelanggan pasca bayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik," kata Amos..

Menurutnya, berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya.

Di mana pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala, pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

"Bagi pelanggan daya 450 VA pasca bayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus maka mulai rekening April 2021,  pelanggan harus kembali melakukan pembayaran. Selain itu bagi pelanggan prabayar juga diharapkan dapat melakukan pembelian token listrik pada Juni 2021," tandas  Amos.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!