Sekilas Info

Pemkot Ternate Lakukan Evaluasi dan Uji Kompetensi 30 ASN

Photo: Abdul Fatah/ant Ilustrasi: para ASN di lingkungan Pemkot Ternate, maluku Utara.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan melakukan seleksi dan uji kompetensi serta evaluasi kinerja pegawai bagi 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersebar di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Bidang Promosi dan Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate Siti Jawan Lessy di Ternate, Minggu, menjelaskan uji kompetensi tersebut meliputi lima pegawai dengan masa jabatan di atas 5 tahun dan 25 ASN dengan masa kerja 1.5 tahun, sehingga total ASN 30 orang.

"Seharusnya setiap tahun dilakukan evaluasi jabatan dan nantinya juga setiap pergantian wali kota," ujarnya.

Pelaksanaan ini, kata Siti, merupakan perintah dari Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 dengan turunan, sebagaimana untuk mengevaluasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) atau OPD selama bertugas. Dari hasil evaluasi tersebut, akan dilakukan seleksi jabatan kembali.

"Dari hasil evaluasi tentu ada jabatan yang kosong atau tak terisi. Dari situ kita akan buat seleksi," katanya.

Sementara itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Tauhid Soleman dan Jasri Usman telah merotasi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di antaranya Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) dan Camat Ternate Barat (Terbar).

Lebih lanjut, Siti Jawan Lessy mengatakan dua pejabat di lingkup Pemkot Ternate diganti dan Kepala BP2RD yang posisi sebelumnya ditempati Ahmad Yani Abdurahman diisi pelaksana tugas (Plt) Jufri Ali. Camat Ternate Barat yang sebelumnya dijabat Fahmi Basa Amin diganti Plt Hamid Muhammad yang juga menjabat sebagai Lurah Takome.

Rotasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 821.2/KEP/1468/2021 menetapkan Ahmad Yani Abdurahman dalam jabatan baru sebagai Analisis Pajak dan Retribusi Daerah di BPPRD.

Sedangkan, Camat Ternate Barat Fahmi Basa Amin berdasarkan SK Nomor : 821.2/KEP/1469/2021, memutuskan membebaskan Fahmi Basa Amin dalam jabatan lama sebagai Camat Ternate Barat untuk jabatan baru sebagai Pengelola Bimbingan Masyarakat di kantor Kecamatan Ternate Barat.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!