Sekilas Info

Sebagian Dari 7.227 Orang Pengungsi Gempa Malteng Mulai Kembali ke Rumah

satumalukuID/Istimewa Kepala BPBD Abdul Latif Key tampak sedang mengunjungi pengungsi gempabumi dengan magnitudo 6,1 SR.

satumalukuID- Sebanyak 7.227 orang warga terdampak gempabumi berkekuatan 6,1 Skala Richter, terpaksa mengungsi di daerah ketinggian. Mereka tersebar di Negeri Saunulu, Yaputi, Tehoru dan Haya, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malteng, Abdul Latif Key, mengaku, dari ribuan pengungsi tersebut, sebagiannya mulai kembali ke rumah, setelah sempat bermalam di daerah perbukitan, daerah masing-masing.

"Jumlah pengungsi 7.227 jiwa. Data ini tercatat sejak kemarin. Sekarang sebagian sudah kembali pulang," ungkap Latif melalui telepon genggamnya, Kamis (17/6/2021).

Ia menyebutkan, sebagian warga sudah mulai kembali setelah dikunjungi Bupati Malteng Abua Tuasikal.

Latif mengaku Bupati dalam kunjungannnya memberikan pemahaman terkait kondisi terkini yang mulai aman berdasarkan informasi BMKG.

"Tadi kami bersama bapak Bupati mengunjungi pengungsi, dan masyarakat sebagian sudah kembali, kita memberikan pemahaman," terangnya.

Pada kesempatan itu, Latif mengaku Bupati juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan senantiasa menjaga kesehatan.

"Tadi pak Bupati meminta masyarakat tetap jaga kesehatan. Terutama yang punya anak bayi, balita. Pemda akan berusaha membantu masyarakat untuk memenuhi keperluan di pengungsian," kata Latif mengutip penyampaian Bupati.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!