Sekilas Info

227 Rumah Warga Malteng Rusak Akibat Gempa Tersebar di Saunulu, Yaputi, Tehoru dan Haya

satumalukuID/Istimewa Kondisi salah satu rumah warga di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah yang rusak akibat gempa dengan magnitudo 6,1 SR, Rabu (16/6/2021).

satumalukuID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah (BPBD), kembali melansir data kerusakan rumah warga akibat gempabumi tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter yang terjadi pada Rabu (16/6/2021).

Hingga Kamis (17/6/2021) ini, tercatat sebanyak 227 unit rumah warga mengalami kerusakan. Ratusan rumah rusak tersebut tersebar di empat wilayah terdampak. Yaitu Negeri Saunulu, Yaputi, Tehoru dan Haya.

BPBD juga mencatat kerusakan menimpa sarana prasarana umum dan tempat ibadah. Diantaranya satu unit masjid dan gereja di Saunulu, serta mushalla dan ambruknya talud penahan ombak sepanjang 15 meter di Tehoru.

"Rumah warga yang rusak akibat gempa tersebar di Yaputi 15, Saunulu 136, Tehoru 56, dan Haya 20," kata Kepala BPBD Malteng, Abdul Latif Key, melalui sambungan selulernya, Kamis (17/6/2021).

Baca juga; Sebagian Warga Malteng Bertahan di Sejumlah Titik Pengungsian

Baca juga; Wilayah Selatan Pulau Seram Rawan Gempa dan Tsunami, Peristiwa Elpaputih Korban Meninggal 4.000 Orang

Baca juga; Update Peringatan BMKG, Ada Kenaikan Muka Air Laut Pasca Gempa Magnitudo 6,1 di Pulau Seram

Daerah terdampak gempa yang terjadi Rabu kemarin pukul 13.43 WIT itu, kata Latif, hanya melanda empat wilayah tersebut. Jarak antar desa berjauhan.

"Di empat wilayah itu saja (yang terdampak gempa," pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!