Sekilas Info

CATATAN NOVI PINONTOAN

Menanti Laga Grup “Neraka” Euro 2020; Prancis vs Jerman, Pertempuran Dua Penguasa Dunia

satumalukuID - Gelaran Piala Eropa atau Euro 2020 sudah berlangsung dan akan memasuki pertandingan di Grup F. Grup yang disebut-sebut sebagai grup "neraka".

Pasalnya di grup ini ada tiga negara favorit juara yakni Prancis, Jerman dan juara bertahan Euro 2016 yakni Portugal plus Hungaria.

Partai pertama Grup F akan berhadapan Portugal vs Hungaria pada Selasa malam pukul 23.00 WIB. Sedangkan Prancis akan awali perjuangan dengan melawan tuan rumah Jerman di Allianz Arena, Munich, pukul 02.00 WIB Rabu dini hari.

Terlepas dari partai Portugal vs Hungaria. Pencinta bola tentunya menanti pertandingan Perancis vs Jerman. Karena inilah pertarungan dua negara penguasa sepakbola dunia. Dibilang demikian, sebab Jerman adalah juara Piala Dunia 2014, serta Perancis juara bertahan 2018.

Selain itu, untuk level Piala Eropa, kedua negara ini juga punya reputasi hebat. Jerman sudah tiga kali juara Eropa yaitu pada edisi 1972, 1980 dan 1996. Sefangkan Perancis dua kali yakni tahun 1984 dan 2000.

Dalam data resmi, pertarungan dua negara ini sudah sering terjadi. Sejauh ini, Prancis dan Jerman sudah 13 kali bertemu. Hasilnya, Prancis unggul dengan 7 kemenangan, 2 kali imbang, dan 4 kekalahan atas Jerman.

Misalnya saja di Euro 2016 lalu, Prancis dan Jerman saling sikut di babak semi final. Hasilnya Prancis menang dengan skor 2-0 berkat dua gol Antoine Griezmann. Kemenangan Les Bleus, julukan Prancis, memperpanjang rekor kemenangan Prancis atas Jerman.

Namun demikian, beberapa kemenangan Prancis dicetak di pertandingan persahabatan. Sementara Jerman pernah satu kali mengalahkan Prancis di level kompetitif, yaitu di perempat final Piala Dunia 2014.

Untuk Piala Eropa, partai semi final tahun 2016 lalu itulah yang menjadi pertemuan pertama keduanya. Jadi, patut ditunggu bagaimana Prancis dan Jerman saling bertempur di fase grup "neraka" itu.

Banyak pengamat menjagokan anak asuhan Didier Deschamp bisa kalahkan skuat Jerman yang dilatih Joachim Loew. Hal ini juga berkaitan dengan peringkat FIFA terakhir yang baru dikeluarkan. Dimana Prancis naik ke peringkat kedua dunia, tepat di belakang Belgia, sedangkan Jerman malah turun ke posisi 12.

Itu dari data statistik. Namun sepakbola bukanlah semata berdasarkan angka-angka. Lantaran selain faktor teknis, maka faktor non teknis juga sangat berpengaruh. Siapa lebih siap, dialah pemenangnya.

Pertarungan kedua tim ini bakal seru. Sebab memiliki kombinasi materi pemain senior dan yunior yang berkualitas dan punya pengalaman di level klub maupun timnas pada ajang kompetitif.

Prancis contohnya. Mereka memasukan striker senior sarat pengalaman dari Real Madrid, Karim Benzema. Padahal skuat Les Blues sudah memiliki tiga striker top yaitu Antonie Griezmann (Barcelona), Kylian Mbappe (PSG) dan Oliver Giroud (Chelsea).

Selain itu, Prancis dihuni pemain-pemain top, seperti Raphael Varane (Real Madrid), N'Golo Kante (Chelsea), Paul Pogba (MU), kiper senior Hugo Llories (Hotspurs). Serta yang sangat menarik adalah empat pemain Les Bleus bermain di Jerman bersama klub Bayern Munchen yaitu Benjamin Pavard, Kingsley Coman, Corintin Tollise dan Lucas Hernandes.

Sementara skuat Die Mannschaft bertarung di Euro 2020 ini dengan kebanyakan materi pemain muda. Hanya empat pemain senior yang tetap dipertahankan yakni kiper Manuel Neuer (Munchen), Thomas Muller (Munchen), Toni Kroos (Real Madrid) dan Matts Hummels (Dortmund).

Selain itu, Jerman beruntung memiliki empat pemain muda dan berpengalaman yang baru saja tampil sebagai juara dan finalis Liga Champions. Keempatnya adalah Antonie Rudiger, Timo Werner, Kai Haverst (Chelsea) dan Ikay Gundogan (Manchester City).

Jerman juga diperkuat Kevin Volland (AS Monaco), Leroy Sane (Munchen), Leon Goretska (Munchen), Joshua Kimmich (Munchen), Niklas Sule (Munchen), Robin Gossen (Atalanta), kiper Bernd Leno (Arsenal), Emre Chan (Dortmund), Jamal Musala (Munchen), Serge Gnabry (Munchen), Matthias Ginter (Mönchengladbach) dan lainnya.

Dengan materi pemain kedua negara tersebut yang sudah dikenal kiprah dan kualitasnya. Pertemuan Prancis vs Jerman di laga fase awal grup "neraka" tersebut, bisa disebut ibaratnya "real final" terlalu dini.

Siapa yang akan menang? Walahualam. Namun secara non teknis, Jerman diuntungkan lantaran bermain di stadion Allianz Arena milik klub Bayern Munich, dimana delapan pemainnya masuk skuat inti Die Mannschaft.

Jadi, mari kita tunggu bagaimana Prancis dan Jerman saling bertempur mempertahankan prestise dan pamor masing-masing. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!