Sekilas Info

Selama Tiga Hari Hampir 1.000 Orang Warga Ambon Divaksinasi di Lapangan Merdeka

satumalukuID/Husen Toisuta Proses vaksinasi di Kota Ambon

satumalukuID- Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, mengatakan, sejak dibuka kembali vaksinasi gratis di Lapangan Merdeka Ambon, hingga Sabtu (12/6/2021) kemarin hampir mencapai 1.000 orang.

Jumlah tersebut, kata Wendy, merupakan orang yang menjadi prioritas di tahap ketiga. Seperti di atas usia 50 tahun, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), Narkoba, dan keluarga rentan, termasuk didalamnya penerima PHK dan BLT.

"Tahap ke tiga yang kami mulai dari hari Jumat (11/6/2021) itu sudah hampir 1.000 orang yang kita vaksin sampai dengan kemarin (Sabtu)," kata Wendy kepada wartawan di Ambon, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, sampai dengan saat ini jumlah warga Kota Ambon yang sudah menjalani vaksinasi di atas 51.000 orang.

"Saya harus lihat data lagi. Tapi yang sudah divaksin itu di atas 51.000 orang," terangnya.

Menyoal terkait vaksinasi terhadap ODGJ yang berkeliaran di jalan-jalan, Wendy mengaku belum bisa dilakukan. Butuh koordinasi lanjut dengan Rumah Sakit Kejiwaan Daerah (RSKD) Ambon.

"Nah tanggung jawab untuk ODGJ yang terlantar ini bukan ada di kita, tapi di OPD lain. Kita siap kalau diperlukan," sebutnya.

Menurutnya, proses vaksinasi terhadap ODGJ harus dilakukan disaat mereka dalam kondisi tenang. Tak dapat dilakukan terhadap mereka yang tidak dalam pengawasan keluarga maupun dokter kejiwaan.

"Kita tidak mungkin lakukan (vaksin) kepada mereka (ODGJ) yang tidak terkontrol, mau pantaunya bagaimana, mereka harus tenang dulu, kita harus tanya dulu, jangan sampai ada penyakit-penyakit yang memang kita tidak bisa lakukan vaksinasi," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!