Sekilas Info

Baru 43 Persen Lansia di Ambon Divaksinasi, Kadiskes; Minimal 75 Persen Bentuk Herd Imunity

satumalukuID/Husen Toisuta Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy (kanan).

satumalukuID- Dari target minimal 75 persen yang diincar, Pemerintah Kota Ambon baru berhasil mencapai 43 persen vaksinasi terhadap warga Lanjut Usia (Lansia).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, mengatakan, berbagai cara sudah dilakukan untuk mencapai target minimal 75 persen. Harapannya agar bisa membentuk herd imunity atau kelompok kekebalan.

"Lansia kita sudah berada di 43 persen untuk Kota Ambon. Kita harus bisa mencapai target minimal 75 persen baru bisa kita dapat herd imunity, otomatis kan belum capai target dan kita harus lebih memaksimalkan," kata Wendy kepada wartawan di Ambon, Senin (14/6/2021).

Wendy mengaku pihaknya sudah berupaya secara maksimal, namun baru sampai pada angka 43 persen tersebut.

"Berbagai cara sudah kita lakukan dengan membuka pos-pos, terakhir teman-teman dor to dor dari rumah ke rumah untuk melakukan vaksinasi lansia tapi juga belum maksimal," terangnya.

Ia berharap dukungan dari semua elemen masyarakat. Sebab, lansia menjadi prioritas utama vaksinasi karena merupakan penyumbang terbesar kematian akibat terpapar Covid-19.

"Jadi kita harap teman-teman bisa bantu untuk lebih mensosialisasikan bahwa memang lansia ini perlu jadi prioritas utama untuk divaksin, karena penyebab kematian banyak di Covid ini di usia lansia," ingatnya.

Terkait vaksinasi terhadap mahasiswa, Wendy mengaku belum menjadi prioritas. Namun para mahasiswa dapat menjalani vaksinasi bila datang bersama lansia.

"Kami juga sudah sampaikan ketika belum masuk di prioritas misalnya mahasiswa, tapi ketika mereka membawa dua orang lansia, mereka langsung bisa divaksin saat itu," sebutnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!