Sekilas Info

Jelang Euro 2020, Warga Ambon Ekspresikan Dukungan untuk Tim Favorit Belanda dan Jerman

Ekspresi kaum gila bola menyambut pergelaran Euro 2020 yang digelar mulai 12 Juni - 12 Juli 2021 Waktu Indonesia.

satumalukuID - Suasana semarak dan demam menjelang Piala Eropa atau Euro 2020 yang digelar mulai 12 Juni - 12 Juli 2021 waktu Indonesia di 11 kota benua biru itu, kini juga melanda kota Ambon, Maluku.

Ke-11 kota tuan rumah Euro 2020 adalah London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Kopenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Para penggemar atau fans tim-tim favoritnya mulai memasang berbagai aksesoris simbol dukungan pada kesebelasan negara favoritnya. Baik di lingkungan pemukiman, status, komentar dan fotonya di media sosial, stiker di mobil maupun memakai jersey tim favoritnya dan juga menjual kostum kreatif tim fans.

Pantauan langsung media ini sejak beberapa hari lalu, di berbagai kawasan para fans sudah menaikkan bendera di pepohonan, tiang bambu, di atas rumah. Bahkan yang ekstrem ada yang mengibarkan bendera fans di bukit dan puncak menara komunikasi seperti di kawasan perbukitan Batu Gajah Atas berupa simbol bendera Jerman.

Lain lagi di kawasan Bere Bere, kelurahan Batumeja. Pada dinding tembok pembatas jalan dan jurang. Warga setempat menggambar bendera Belanda besar dan lambang singa logo KNVB (federasi sepakbola Nederland).

Sedangkan di kawasan pusat kota Urimesing. Seorang fans tim Jerman mencoba mengudarakan layang-layang berekor ikan pari dengan warna bendera Jerman, yang bertuliskan Germany.

Bendera-bendeta besar kecil juga terpantau di kawasan Batumetah, Galunggung, Kebun Cengkeh, Karpan dan lainnya. Serta stiker-stiker pada mobil pribadi.

"Perang" dukungan tim favorit pun ramai di media sosial seperti Facebook dan grup Whatsapp. Dari postingan status, foto, komentar dan aksesoris lainnya.

Dari data yang dihimpun. Kebanyakan warganet Ambon dan Maluku umumnya memiliki favorit pada tim-tim besar seperti timnas Belanda, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Inggris dan Portugal.

"Hup hup Holland slalu di hati," kata Dino Umahuk, jurnalis di Ambon. Sedangkan Arman Epeng P di postingannya menulis "Terlalu dini. Tetapi Oranye siap untuk juara Piala Eropa," tulis Epeng. Sedangkan Nobert P, pengusaha di Ambon sependapat untuk fans tim Oranye. "Belanda selalu di hati," kata Nobert, senada dengan Cliff Leiwakabessy.

Sementara Jeffry AP, warga Ambon yang menetap di Jakarta mengunggulkan tiga tim yakni Belanda, Jerman dan Inggris. "Beta suka tiga tim itu. Tapi lebih dukung Belanda," ujarnya Rekannya Karel Sahulata juga spontan favoritkan Belanda. "Beta jagokan Belanda lah yang juara," kata Karel.

Lain lagi pendapat Mukhlis Fataruba, dosen di FISIP Unpatti. "Beta tetap fans Prancis. Les blues siap juara," ujarnya. Namun bagi Dhino Pattisahusiwa timnas Spanyol akan kembali berjaya. "Muuuaacchh La Roja (julukan Spanyol) siap juara," tandasnya.

Selain itu, Portugal juga punya fans tersendiri. "Portugal selalu di hati," ujar Mannix Siahaya. Tak mau kalah fans timnas Jerman juga sudah meramaikan dunia maya.

"Beta sudah siap bendera Jerman besar di Manggadua," kata Mota Pangemanan. Lain lagi Marviano P di kawasan Urimesing. "Layang layang Jerman siap mengudara. Apapun juga Jerman tetap di hati," ungkapnya. Sedangkan Vonny Litamahuputty mengatakan, Jerman sudah tradisi juara. "Jerman Uber Alles. Diatas segalanya," kata Vonny, senada dengan Sarah Mossad dan Tommy Barataman.

Kini tunggu saja akhirnya. Apapun hasilnya, sportifitas haruslah terjaga. Bukan saja di dalam lapangan, namun di luar lapangan pun para fans harus menjungjungnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!