Sekilas Info

Harap Ambon ke Zona Hijau, DPRD Kota Dorong Pemkot Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

satumalukuID/Istimewa Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono.

satumalukuID - Wakil ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono menyebutkan, pihaknya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, untuk mulai menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), agar ibukota Provinsi Maluku ini bisa tembuh ke zona hijau penanganan Covid-19.

"DPR sangat mendorong Pemkot agar menerapan PKM, sebab langkah ini sangat penting untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Ambon," ujar Rustam, di Ambon, Selasa (8/6/2021).

Menurut Rustam, selain penerapan PKM juga harus turut didukung dengan disiplin protokol kesehatan oleh masyarakat dan itu merupakan tanggung jawab bagi semua pihak.

“Meskipun PKM diterapkan, namun jika tidak didukung dengan kebiasaan peningkatan protokol kesehatan oleh masyarakat, maka segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangkal penyebaran virus Covid-19 ini akan sia-sia,” jelasnya.

Rustam menuturkan, bahwa PKM penting dan baik bagi kepentingan masyarakat serta masyarakat juga perlu meningkatkan kesadaran tentang protokol kesehatan, 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari keramaian dan membatasi mobilisasi.

"Saya amati, masyarakat sudah jenuh dengan kondisi yang ada. Itu sebabnya terlihat bahwa pemakaian masker pun terkadang diabaikan dan protokol kesehatan juga tidak diperhatikan secara baik. Saya mendorong agar pemerintah untuk menerapkan regulasi yang tidak memberatkan masyarakat, bamun dapat mewujudkan Ambon menuju zona hijau agar aktivitas ekonomi dan pendidikan dapat kembali normal,” pintanya.

Kesadaran masyarakat disebutnya semakin menurun. Jika tidak sadar juga, sekalipun PKM dengan skala mikro ataupun makro bahkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekalipun, pasti tidak jalan dengan baik.

"Semuanya kembali kepada kesadaran masyarakat. Operasi Yustisi harus kembali ditingkatkan untuk menekan situasi ini,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa, Operasi Yustisi serta sosialisasi protokol kesehatan yang sudah membawa perubahan baik bagi Kota Ambon, harus kembali dilakukan. "Sosialisasi di tingkat RT dan RW juga penting ditingkatkan," tandasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!