Sekilas Info

Antusiasme Warga Ikut Vaksin, Wali Kota Ambon; Kalau Tidak Ada Aturan Bisa Tembus 70 Ribu Orang

satumalukuID/Husen Toisuta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (tengah) berpose rapat koordinasi UMKM di Marina Hotel, Kota Ambon, Senin (7/6/2021).

satumalukuID- Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mengaku antusias warga untuk divaksin Covid-19 sangat tinggi. Jika tak ada aturan, saat ini jumlah vaksinasi sudah bisa mencapai 70 ribu orang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan sebanyak 75 ribu orang divaksinasi. Hingga saat ini, jumlah tersebut baru mencapai 51 ribu.

"Vaksinasi sudah tembus 51 ribu orang, itu luar biasa. Kemarin itu karena dibatasi, kita tidak bisa bebas, musti sesuai petunjuk dari pusat. Kalau tidak ada aturan, sekarang ini sudah 60 sampai 70 ribu (orang divaksin)," kata dia kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Mantan Ketua DPRD Maluku ini mengaku pihaknya tidak bisa semaunya melakukan vaksinasi. Harus sesuai petunjuk pusat.

"Kalau kita vaksinasi bebas maka BPK akan periksa. Kalau Saya maunya vaksinasi saja, supaya tidak repot. Tapi tidak bisa karena ada aturan," tambahnya.

Antusiasme warga yang begitu tinggi untuk divaksinasi, lanjut Richard, membuktikan kinerja semua pihak berhasil meyakinkan masyarakat.

Tingginya antusias masyarakat diharapkan bisa seimbang dengan penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauh dari kerumunan. Sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat teratasi.

"Kalau kita bisa jaga protokol kesehatan, kita bisa masuk zona hijau, baru kita tinjau kembali PPKM," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!