Sekilas Info

Berkas Perkara Narkotika Dua Oknum PNS Kemenkumham Maluku Masih Ditangan Jaksa

satumalukuID/Istimewa Kepala BNNP Maluku, Brigjen Pol M.Z. Muttaqien tampak memberikan keterangan pers saat memimpin razia bersama Kanwil Kemenkumham Maluku, Polsek Baguala dan Koramil Baguala di Rutan Klas II Ambon.

satumalukuID- Berkas perkara narkotika yang menjerat MC dan IR, dua oknum PNS Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, hingga saat ini masih berada ditangan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku.

Selain dua perempuan itu, berkas serupa milik tersangka lainnya yaitu dua kurir; FB dan EP, serta bandar narkotika; RB, yang merupakan narapidana di Rutan Kelas IIA Ambon, juga masih diteliti JPU.

Berkas lima orang tersangka narkotika jaringan Rutan Ambon tersebut dikirim sejak April 2021 lalu. Pelimpahan dilakukan setelah berkas perkara mereka dinyatakan lengkap oleh penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku.

"Kasusnya masih proses P21 (berkas perkara lengkap). Masih di jaksa," kata Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol. M.Z. Muttaqien, melalui Kepala Humas, Mouren kepada satumaluku.id, Sabtu (5/6/2021).

BNNP Maluku masih menunggu berkas kelima orang tersangka itu hingga dinyatakan lengkap oleh JPU Kejati Maluku. Bila dinyatakan lengkap, secepatnya penyidik akan melakukan penyerahan atau tahap II kepada JPU.

Untuk diketahui, dua oknum PNS Kemenkumham Maluku itu bertugas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Ambon, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Ambon.

Keduanya dijerat sebagai tersangka karena diduga turut membantu kejahatan yang dilakukan RB, narapidana narkotika dari dalam Rutan Ambon, Kawasan Desa Waiheru, Kota Ambon.

Mereka disangkakan Pasal berlapis dengan ancaman di atas 5 tahun penjara. Yaitu Pasal 112, 114 dan 132 Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!