Sekilas Info

Tujuh Ranperda Provinsi Maluku Disetujui DPRD, Tiga Merupakan Usulan Pemda

satumalukuID/Istimewa Gubernur Maluku Murad Ismail, didampingi Sekda Kasrul Selang, saat mengikuti sidang paripurna DPRD Maluku dari kediamannya, Jumat (4/6/2021).

satumalukuID- DPRD Provinsi Maluku akhirnya menyetujui tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tahun 2021. Tiga Ranperda merupakan usulan Pemerintah Daerah (Pemda), dan sisanya dari DPRD.

Ketujuh Ranperda disetujui dalam sidang Paripurna yang berlangsung di ruang rapat Paripurna, Kantor DPRD Provinsi Maluku, Kota Ambon, Jumat (4/6/2021).

Sidang Paripurna digelar secara virtual, dan turut dihadiri Gubernur Maluku, Murad Ismail, dari kediamannya, Kawasan Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Tujuh Ranperda itu disepakati melalui pembahasan mendalam antara Panitia Khusus DPRD Maluku dengan Pemda. Di mana, tiga diantaranya merupakan usul Pemda, sisanya usulan inisiatif dewan.

Tiga Ranperda usulan Pemda Maluku diantaranya perubahan atas Perda Provinsi Maluku Nomor 8 Tahun 2016, tentang Ranperda Pembentukan Produk Hukum Daerah, Rencana Pembangunan Industri Provinsi Maluku Tahun 2019-2039 dan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Maluku Tahun 2019-2025.

Sementara empat Ranperda usulan DPRD Maluku, yaitu tentang Bangunan Gedung, Jalan, Pembinaan Lembaga Adat dan Pelestarian Nilai Budaya Maluku, dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketahanan dan Keamanan Pangan Masyarakat.

Gubernur Murad dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas dedikasi pimpinan serta segenap anggota DPRD Maluku, khususnya Pansus yang telah melakukan pencermatan dan penyempurnaan.

"Sehingga pada hari ini telah diberikan persetujuan bersama atas tujuh buah Ranperda Provinsi Maluku tahun 2021," katanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!