Sekilas Info

Besok Batas Vaksinasi Gratis di Ambon, Warga Diminta Manfaatkan Kesempatan Terakhir

satumalukuID/Husen Toisuta  Seorang pedagang pasar Mardika Ambon tampak divaksin tim medis dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Ambon, saat vaksinasi massal di Terminal Mardika Ambon, Kamis (18/3/2021).

satumalukuID- Warga Kota Ambon diminta untuk memanfaatkan kesempatan terakhir program vaksinasi massal gratis yang akan berakhir Senin (31/5/2021). Sebab, selanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mulai memberlakukan tarif pembayaran.

Cegah penyebaran Covid-19, Pemkot Ambon masih terus memberikan kelonggaran kepada masyarakat hingga Senin besok, untuk bisa mengikuti program vaksinasi gratis. Vaksinasi massal itu dilaksanakan sejak Rabu (19/5/2021) di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, meminta masyarakat khususnya kelompok prioritas seperti lansia, petugas pelayanan publik; guru, PNS, pelaku usaha, hingga para sopir angkot dan taksi online untuk dapat memanfaatkan kesempatan terakhir vaksinasi gratis tersebut.

"Manfaatkanlah kesempatan untuk vaksinasi massal yang kami laksanakan ini," pinta Richard Louhenapessy, Wali Kota dua periode itu.

Ia mengaku, ke depan pihaknya akan menerapkan pembayaran vaksinasi. Ini dilaksanakan sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK 01/07/Menkes 4643/2021 tentang penetapan besaran harga pembelian vaksin produksi sinopharm melalui penunjukan biofarma dalam pelaksanaan pengadaan vaksin Covid 19, dan tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong.

"Bagi perusahan dan pelaku usaha setelah tanggal 31 Mei nanti kalau mau divaksin harus membayar Rp.800 ribu. Itu tertuang dalam Surat Edaran Keputusan Menteri Kesehatan," sebutnya.

Terkait dengan vaksinasi gratis yang dilakukan sejak Rabu (19/5/2021) hingga Jumat (28/5/2021), Richard mengaku tercatat sebanyak 41.674 orang sudah divaksinasi. Mereka merupakan kelompok prioritas.

"Jadi manfaatkanlah kesempatan ini mumpung vaksin masih gratis, karena sudah terbit edaran dari Kementerian Kesehatan bahwa nantinya setelah tanggal 31 Mei, vaksinasi nanti secara mandiri bagi pelaku usaha dan perusahaan akan dikenakan biaya," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!