Sekilas Info

Siaga SAR Khusus Lebaran Berakhir, Kabasarnas Ambon; Terdapat 4 Kecelakaan Laut, Satu Warga Meninggal, Satu Hilang

satumalukuID/Istimewa Personil Basarnas Ambon tampak melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran di salah satu tempat wisata di Ambon.

satumalukuID- Selama 19 hari Operasi Siaga SAR Khusus, tercatat sebanyak 4 kali kecelakaan laut di Maluku. Dari 9 orang korban dalam peristiwa itu, satu berhasil ditemukan meninggal dunia, dan seorang lagi dinyatakan hilang.

Badan SAR Nasional (Basarnas) atau Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, resmi menutup operasi kemanusiaan yaitu Siaga SAR Khusus Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Operasi itu berlangsung sejak tanggal 6 - 24 Mei 2021.

Siaga SAR Khusus ditutup melalui apel penutupan yang berlangsung di Markas Basarnas Ambon, Desa Hatiwe Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Selasa (25/5/2021).

Kepala Basarnas Ambon, Mustari, mengungkapkan, Siaga SAR Khusus yang dilaksanakan merupakan periode atau tahun ke 2 di tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku.

Siaga SAR Khusus, kata dia, dilaksanakan di seluruh Pos Siaga SAR di Maluku. Seperti Pos SAR Banda, Namlea, Saumlaki, Tual dan Dobo.

Mustari mengaku, dalam pelaksaan Siaga SAR Khusus, para personil ditempatkan di sejumlah titik rawan, seperti Kawasan Pelabuhan, Dermaga Ferry, Bandar Udara, maupun Tempat Wisata.

"Personil yang kami kerahkan selama Siaga SAR Khusus berjumlah 94 orang yang tersebar di Maluku," terangnya.

Dalam pelaksanaan operasi Siaga SAR Khusus, Mustari mengaku pihaknya bekerjasama dan berkoordinasi dengan aparat TNI, Polri maupun instansi terkait lainnya.

"Selama Siaga SAR khusus ini berlangsung ditemui 4 musibah kecelakaan kapal, dengan total 9 korban. Di antaranya 7 selamat, 1 meninggal dunia dan 1 dinyatakan hilang," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!