Sekilas Info

ANUGERAH PESONA INDONESIA 2020

Pantai Welora MBD dan Rumah Pohon Waai Malteng Juara Pertama API 2020, Kota Ambon Hanya Juara Kedua

Foto: Dinas KominfoSandi Ambon

satumalukuID – Kabupaten Maluku Barat Daya dan Maluku Tengah mencatatkan prestasi terbaik di ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 sebagai Juara 1 kategori Destinasi Baru Terpopuler dan Juara 1 kategori Destinasi Kreatif Terpopuler.

Sementara Kota Ambon yang masuk nominasi terbaik di kategori Brand Pariwisata Terpopuler hanya menduduki peringkat kedua dengan brand andalannya Ambon City of Music. Begitu juga Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang juga meraih posisi kedua pada kategori Cindera Mata Terpopuler.

Sementara Provinsi Maluku menjadi Juara ketiga untuk kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler dan Kabupaten Buru yang menempati Juara ketiga untuk kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

Hasil seleksi dewan juri penyelenggaraan API 2020 yang diumumkan di Labuhan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis malam (20/5/2021) menunjukkan, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan andalannya Pantai Welora berhasi mengalahkan andalan Kabupaten Kupang yakni Pulau Semau yang menempati posisi kedua dan Pasir Timbul Bone Labunta (Kab. Buton Tengah) yang terpilih menjadi juara ketiga.

Sedangkan untuk kategori Destinasi Kreatif Terpopuler, Rumah Pohon Waai yang menjadi andalan Kabupaten Maluku Tengah berhasil meraih Juara pertama mengalahkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mengusung Jembatan Rawa Karindangan dan Kota Malang yang mengandalkan Kampung Tridi.

Kota Ambon sendiri yang mengandalkan brand City of Music pada kategori Brand Pariwisata Terpopuler harus mengakui keunggulan Provinsi Riau yang mengusung brand The Homeland of Melayu yang meraih Juara 1. Di posisi ketiga untuk kategori ini diraih oleh Provinsi Lampung dengan brand andalannya The Treasure of Sumatera.

Juara kedua juga diraih Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada kategori Cindera Mata Terpopuler. Cinderamata andalan Kabupaten Tanimbar yakni Tenun Tanimbar harus mengakui keunggulan cindera mata Rencong Batu dari Kabupaten Aceh Selatanyang meraih posisi pertama. Sedangkan posisi ketiga diraih cindera mata Badak Kayu yang diusung Kabupaten  Pandeglang.

Sementara itu, Kabupaten Buru dan Provinsi Maluku masing-masing meraih posisi ketiga. Kabupaten Buru menjadi Juara Ketiga pada kategori Wisata Olahraga Petulangan Terpopuler. Di kategori ini Kabupaten Buru dengan andalannya Tarawesi Motorcross harus mengakui keunggulan Skyland Supermoto (Kab. Musi Banyuasin) yang menjadi Juara I dan Panjat Tebing Silokek (Kab. Sijunjung) yang meraih posisi kedua.

Provinsi Maluku yang juga masuk nominasi terbaik kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler untuk IG @exoticmalukutourism harus berlega hati menerima Juara ketiga setelah kalah bersaing dengan WEB pariwisatapelalawan.com  (Kab. Pelalawan) yang menjadi Juara I dan FB @PromosiPariwisataKlungkung (Kab.Klungkung) yang menjadi Juara kedua.

Selain itu, masih ada juga kategori lain dimana tak satupun kabupaten, kota di Provinsi Maluku yang masuk nominasi.

Kategori lain yang dilombakan adalah Dataran Tinggi Terpopuler, Destinasi Unik Terpopuler, Atraksi Budaya Terpopuler, Wisata Air Terpopuler, Destinasi Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Festival Pariwisata, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler dan Surga Tersembunyi Terpopuler.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!