Sekilas Info

BNPB Keluarkan Status Waspada Banjir di Ambon, Buru, Aru, Bursel, SBB dan Malteng

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF), serta BNPB dengan InaRisk, maka sejumlah daerah di Maluku perlu mewaspadai potensi banjir yang diprediksi terjadi pada Sabtu besok (22/5/2021).

Beberapa daerah yang diprediksi akan dilanda banjir yaitu di Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kepulauan Aru, Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Barat (SBB), dan Maluku Tengah (Malteng).

Selain Maluku, sejumlah daerah di Indonesia juga diprediksi akan mengalami hal serupa. Seperti di Sulawesi Tengah: Parigi Moutong, Donggala, Poso, Sigi, Morowali. Sulawesi Barat: Mamuju. Sulawesi Selatan: Luwu Utara, Luwu Timur.

Direktorat Peringatan Dini, Kedeputian Bidang Pencegahan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meminta Pemerintah Daerah untuk dapat mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

Caranya adalah dengan memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air), serta potensi wilayah terdampak.

Pemda diminta untuk koordinasi dengan stakeholder dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya. Mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan.
Selain itu, dapat mengidentifikasi kebutuhan logistik dan peralatan. Memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik, dan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi.

Sementara untuk masyarakat diimbau untuk bisa melakukan langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dengan menyiagakan tim siaga bencana (memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur Desa, mempersiapan evakuasi).

Warga diminta untuk menyimpan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah, jika berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air/gorong-gorong.

"Menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga dll), dan tetap melakukan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun)," demikian rilis dari Direktorat Peringatan Dini, Kedeputian Bidang Pencegahan, BNPB).

Berikut sejumlah daerah di Maluku yang berpotensi terjadi banjir;

1. Kota Ambon; Kecamatan Leitimur Selatan, Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, dan Baguala.

2. Kabupaten Buru; Kecamatan Air Buaya, Fena Leisela, Lolong Guba, dan Waplau.

3. Kabupaten Buru Selatan; Kecamatan Fena Fafan, Kepala Madan, dan Leksula.

4. Kabupaten Kepulauan Aru; Kecamatan Aru Tengah, Aru Tengah Timur, Aru Utara, Aru Utara Timur Batuley, Pulau-pulau Aru, dan Sir-sir.

5. Kabupaten Maluku Tengah; Kecamatan Amahai, Kota Masohi, Leihitu, Leihitu Barat, Salahutu, Seram Utara, Seram Utara Barat, Teluk Elpaputih, dan Teon Nila Serua.

6. Kabupaten Seram Bagian Barat; Kecamatan Elpaputih, Inamosul, Kairatu, Seram Barat, dan Taniwel.

Terkait dengan siaran pers dari BNPB tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Hendri M. Far Far tidak mengelak. Ia membenarkan status waspada banjir saat ini.

"Iya itu betul. Sekarang kan ada status waspada banjir," kata Hendri yang dihubungi satumaluku.id melalui telepon genggamnya, Jumat malam (21/5/2021).

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!