Sekilas Info

Tunggu Audit BPKP Penyidik Kejati Maluku Tetapkan Tersangka Korupsi KMP Marsela

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Tinggal selangkah lagi, siapa tersangka kasus dugaan korupsi dana pengelolaan KMP Marsela di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), akan ditetapkan penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku.

Saat ini, penyidik Kejati Maluku tinggal menunggu hasil audit kerugian keuangan negara dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku.

"Untuk perkembangan kasus KMP Marsela, sementara proses perhitungan kerugian keuangan negara di BPKP," ungkap Asisten Intelijen Kejati Maluku, Muji Martopo, Kamis (20/5/2021).

Muji mengungkapkan, setelah menerima hasil perhitungan keuangan dari BPKP Maluku, maka langkah selanjutnya yaitu penetapan tersangka.

"Jadi tunggu hasil perhitungan kerugian keuangan negara dari BPKP baru tentukan tersangka," ujarnya.

Untuk diketahui, penyidik Kejati Maluku melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran pengelolaan KMP Marsela di Kabupaten Maluku Barat Daya. Seperti Usin James Mahulette yang merupakan staf Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI.

Menurut Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku Sammy Sapulette, pada Senin (19/4/2021) Usein diperiksa selama tiga jam oleh jaksa penyidik YE Almahdaly. Dia adalah Kuasa Pengguna Anggaran tahun 2016 dalam proyek pengadaan KMP Marsela.

Dalam pemeriksaan itu terdapat 24 pertanyaan yang diajukan jaksa penyidik. Sebelumnya penyidik juga telah meminta keterangan dari satu orang lainnya berinsial LT, yang merupakan Direktur PT. Kalwedo, sebuah perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten MBD. Perusahaan ini dipercayakan untuk mengelola KMP Marsela.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!