Sekilas Info

Danrem 151/Binaiya Pimpin Upacara Pemakaman Militer Almarhum Praka Alif Angkotasan di Pelauw

satumalukuID/Istimewa Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw tampak memasukan tanah ke dalam liang lahad almarhum Praka Alif Nur M. Angkotasan di Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (20/05/2021).

satumalukuID- Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, memimpin upacara pemakaman Almarhum Praka Alif Nur M. Angkotasan secara militer di Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (20/05/2021).

Almarhum dibunuh Orang Tak Dikenal saat sedang menjalankan tugas sebagai anggota Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di Provinsi Papua, Selasa (18/5/2021).

Anggota Yonif Para Rider 432/WSJ ini gugur saat sedang melaksanakan pengamanan di Bandara Nop Goliat Dekai, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

"Hari ini kita semua dan Tentara Nasional Indonesia dengan penuh rasa duka yang amat mendalam atas wafatnya Praka Alif Nur M Angkotasan," kata Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw dalam sambutannya.

Almarhum, kata jenderal bintang 1 TNI AD ini, gugur saat menjalankan tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan di Papua. Ia menghembuskan nafas terakhir di RSUD Dekai, Kabupaten Yahukimo.

"Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan Negara dan Tentara Nasional Indonesia atas jasa, dharma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya," ujarnya.

Orang nomor 1 di Korem 151/Binaiya ini mengaku kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi TNI, khususnya keluarga yang ditinggalkannya.

"Kita harus dapat menerima secara ikhlas, karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendak Yang Kuasa," pintanya.

Sebagai inspektur upacara atas nama negara dan Tentara Nasional Indonesia, Arnold menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum, seraya memanjatkan doa semoga segala kesalahan dan kekhilafan serta dosa almarhum dapat diampuni dan amal baktinya diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungan-Nya," tandasnya.

Dalam upacara kemiliteran tersebut, turut hadir Wakil Komandan Lantamal IX/Ambon Kolonel Mar Said Latuconsina, Kasi Pers Korem 151/Binaiya Kolonel Inf Arief, Aspers Divisi 3 Kostard Letkol Inf Agus, Danyon Raider 733/Masariku Letkol Inf David. S. Sirait, Wakapendam XVI/Pattimura Letkol Kav. Bambang.S.
Hadir pula Mayor Inf Bahta, Perwakilan Pangantar Jenazah Kapten Inf Purbo, serta perwira setingkat pasi dan Danramil jajaran Korem 151/Binaiya serta sekretaris Negeri Pelauw.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!