Sekilas Info

Cuaca Ekstrim, Warga yang Bermukim di Lereng Gunung Kota Ambon Diingatkan Ancaman Longsor

satumalukuID – Pemerintah Kota Ambon memperingatkan warga yang bermukim di lereng gunung, bantaran sungai dan daerah rawan longsor untuk waspada terhadap hujan lebat yang disertai angin kencang.

Sesuai hasil prediksi BMKG, curah hujan masih akan terjadi yang disertai dengan angin kencang dan cuaca ekstrim.

Hal senada juga diingatkan Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury yang mengingatkan warga untuk selalu mewaspadai ancaman bencana alam berupa banjir, tanah longsor, maupun gempa bumi tektonik saat ini karena tingginya curah hujan yang melanda berbagai daerah.

"Lebih dari dua pekan ini Pulau Ambon juga diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan di beberapa tempat terjadi genangan air sehingga ancaman longsor dan banjir juga selalu ada, bahkan semalam juga terjadi gempa bumi tektonik," kata Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury di Ambon, Rabu (20/5/2021).

Tingginya curah hujan dan terkadang disertai angin kencang membuat pohon di tepi jalan roboh seperti di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Ambon hingga menyebabkan dua pengendara sepeda motor yang melintas mengalami luka-luka dan menjalani perawatan di rumah sakit.

Maka diharapkan kepada masyarakat yang bermukim di tepi sungai hingga lereng bukit maupun yang melintasi jalan raya dengan banyak pohon di tepi jalan selalu berhati-hati dengan situasi dan kondisi seperti ini.

"Jadi kalau tidak waspada maka bahaya juga akan mengancam kita sehingga diharapkan kepada badan penanggulangan bencana alam provinsi maupun Kota Ambon serta kabupaten lainnya harus selalu siaga," ujarnya.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!