Sekilas Info

Pangdam: Semangat Perjuangan Pattimura Dulu dan Kini Berbeda

Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin bertindak sebagai Inspektur Upacata (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan Nasional, Kapitan Pattimura ke-204, Sabtu 15 Mei 2021 di Ambon.(satumaluku.id/Istimewa)

satumalukuID - Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin bertindak sebagai Inspektur Upacata (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan Nasional, Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura ke-204, Sabtu 15 Mei 2021 di Ambon.

Perayaan Hari Pattimura tahun 2021 ini dilaksanakan di lokasi Pattimura Park atau dulu dikenal sebagai Lapangan Segitiga, lokasi monumen atau tugu Kapitan Pattimura.

"Iya benar. Saya menjadi Irup-nya. Karena pak Gubernur berhalangan. Upacaranya dimulai pukul 8 pagi," ujar Mayjen Rahawarin yang dikonfirmasi satumaluku.id, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya, perayaan ini untuk mengenang perjuangan Pattimura dan kawan-kawan melawan kaum penjajah dari bumi rempah-rempah karena penindasan terhadap rakyat Maluku.

"Kalau dulu Pattimura berjuang melawan penjajah. Itu harus kita kenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur. Kita harus melanjutkan semangat perjuangan mereka namun dalam konteks yang berbeda," kata jenderal berbintang dua ini.

Dijelaskan, kini perjuangan sudah berbeda. Yaitu berjuang untuk mengejar ketertinggalan dan membangun Maluku. Terutama melawan pandemik Covid 19, kemiskinan, kekurangan sarana prasarana, rendahnya mutu pendidikan, peningkatan kesejahteraan dan sebagainya.

"Semua pihak dalam kapasitas sebagai komponen masyarakat Maluku, harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Bersatu untuk membangun ketertinggalan daerah ini. Persatuan dan persaudaraan adalah tradisi leluhur harus dijaga. Potong di kuku rasa di daging. Sagu salempeng dipatah dua," ungkapnya.

Sedangkan terkait dengan HUT Kodam Pattimura ke-22 pada hari yang sama 15 Mei 2021, Pangdam mengatakan, karena situasi dan kondisi masih prihatin dengan wabah pandemik Covid 19, maka pihaknya hanya akan bikin syukuran pada Senin 17 Mei 2021. "Syukuran nya di Makodam saja," kata Mayjen Rahawarin.

Rahawarin sendiri merupakan putra Maluku ketiga yang menjadi Pangdam Pattimura setelah Kolonel Inf Herman Pieters dan Brigjen TNI Max Tamaela.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, kepada pers sebelumnya mengatakan terkait dengan perayaan Hari Pattimura 2021 yang masih dalam suasana wabah pandemik Covid 19, maka upacara peringatan dilakukan tidak terpusat. Namun dilakukan pada tiga lokasi berbeda yaitu Ambon, Masohi dan Saparua.

Baca Juga

error: Content is protected !!