Sekilas Info

Kadin Maluku Gelar Halal Bil Halal dan Deklarasi Dukungan Terhadap Arsjad Rasjid

satumalukuID/Husen Toisuta Pembacaan deklarasi dukungan Calon Ketum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, oleh Ketum Kadin Maluku M.A.S. Latuconsina di Restoran Sarih Gurih, Lateri, Kota Ambon, Sabtu (15/5/2021).

satumalukuID- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Maluku, menggelar Halal Bil Halal dan Deklarasi dukungan terhadap Arsjad Rasjid, sebagai Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026.

Kegiatan yang digelar menggunakan protokol kesehatan ini berlangsung di Restoran Sarih Gurih, Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu malam(15/5/2021).

"Kita tadi sudah rapat final dan memutuskan bahwa dukungan kepada bung Arsjad full 3 suara, dan tidak ada kepada yang lain lagi," ungkap Ketua Kadin Maluku, M.A.S. Latuconsina atau yang biasa disapa Sam, dalam sambutannya.

Sam mengungkapkan, kepengurusan Kadin Maluku dimulai dari Nol. Meski kepengurusan Kadin Maluku sendiri telah ada sejak 10 - 15 tahun lalu.
"Tapi kepengurusan yang diwariskan kepada kita itu sama sekali Nol. Bahkan banyak teman-teman pengusaha yang tidak tahu Kadin itu apa. Nah ini tantangan tersendiri bagi kita," katanya.

Menurutnya, kepengurusan Kadin Provinsi Maluku saat ini juga sudah berada di 7 kabupaten kota di Maluku. Tersisa 4 kabupaten yang masih menjadi pekerjaan rumah.

"Masih ada PR lagi 4 Kabupaten yang harus segera dibentuk," terangnya.

Mantan Wakil Wali Kota Ambon itu berharap kehadiran kepengurusan Kadin saat ini dapat memberikan warna lain dalam proses-proses pembangunan di daerah.

"Kadin adalah organisasi yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri. Pijakan hukumnya itu jelas. Manfaatnya juga jelas bagi dunia usaha dan selalu diwajibkan untuk bermitra dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah," sebutnya.

Dia juga berharap, pasca Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia nanti, bisa menjadi starting poin yang baik bagi Kadin Maluku kelak.

"Kita sudah punya kantor, kita sudah punya pengurus, bahkan kita sudah dihibahkan satu mobil operasional dari Calon Ketum yang belum terpilih. Bayangkan saja, belum terpilih udah kasih mobil dan itu hibah, tidak ada embel-embel lain. Saat ini dalam proses pengiriman ke Kota Ambon. Mudah-mudahan satu dua hari sudah sampai," harapnya.

Selain mobil, kata Sam, Calon Ketum Kadin Indonesia juga memberikan 20 handphone buat teman-teman pengurus kabupaten kota.

"Alat-alat ini sebagai pelengkap bagi kinerja Kadin. Kita harus mensiarkan Kadin ini baik dari sisi fungsinya maupun dari sisi kemungkinan-kemungkinan bisa memajukan dunia usaha," terangnya.

Setelah Munas Kadin Indonesia nanti, Sam mengaku akan melakukan reshufle kepengurusan Kadin Maluku. Ini dilakukan agar Kadin ke depan semakin lebih baik.

"Saya bicara terbuka saja, kita akan konsolidasi internal memastikan orang-orang yang duduk sebagai pengurus betul-betul mau bekerja. Masing-masing wakil ketua umum harus menjalankan perannya sebagaimana yang diamanatkan dalam tugas dan fungsi dalam SK kita," pintanya.

Untuk diketahui, Deklarasi Dukungan terhadap Arsjad Rasjid sebagai Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 dibacakan langsung oleh Ketua Umum Kadin Maluku M.A.S. Latuconsina.

Deklarasi Dukungan tersebut kemudian diserahkan secara resmi kepada Calon Ketum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, melalui tim pemenangnya yaitu Umar Lessy. Turut hadir Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Maluku, Jaquline Margareth Sahetapy.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!