Sekilas Info

Amankan Malam Takbiran Kapolresta Ambon Marah-marah Hadang Massa Konvoi Tak Pakai Masker

satumalukuID- Kepala Kepolisian Resort Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, tampak marah-marah dan menasehati massa konvoi malam takbiran yang tidak menggunakan masker.

Perwira tiga melati di pundaknya ini terlihat menghadang ratusan massa takbiran yang melintas di ruas jalan Sultan Babula, depan Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).

"Mana masker kalian. Kenapa tak pakai masker," teriak Leo sambil memegang beberapa orang berkendara motor yang tidak pakai masker. "Ayo pakai masker," pinta Leo, tegas.

Orang nomor 1 Polresta Ambon itu masuk di tengah massa konvoi. Puluhan personil gabungan TNI Polri langsung melakukan pengamanan. Mereka menghadang massa yang tidak pakai masker.

Dimarah-marahi aparat, massa terlihat mengeluarkan masker yang disimpan di saku-saku celana.  Mereka baru diijinkan berjalan setelah kembali mengenakan masker.

Takbiran dilakukan ratusan warga Kota Ambon mengelilingi ruas jalan AM. Sangadji, Tugu Trikora, Said Perintah, Leo Wattimena, Markas Polresta Ambon, dan Sultan Babulla.

Massa aksi tampak mengitari ruas jalan tersebut sebanyak beberapa kali. Mereka terlihat membawa bendera Indonesia, bendera Palestina, bendera Tauhid berwarna hitam dan putih, maupun bendera Arab Saudi.

Sambil mengelilingi ruasa jalan dengan berjalan kaki mamupun berkendara, massa yang umumnya kaula muda dan anak-anak ini terdengar memekik lafaz takbir, tahlil maupun tahmid, mengagungkan Nama Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak hanya meminta warga menerapkan protokol kesehatan, Kapolresta Ambon juga terlihat menghadang sejumlah kendaraan sepeda motor yang menggunakan knalpot bising. Kendati begitu, konvoi takbiran tetap berjalan aman dan lancar.

Dalam pengamanan malam takbiran tersebut, selain Wakapolresta Ambon, AKBP Heri Budianto, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat juga tampak turun langsung melakukan pemantauan dan pengamanan.

Hingga pukul 22.30 WIT, takbiran jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang akan dihelat Kamis (13/5/2021), berakhir secara teratur.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!