Sekilas Info

Panitia Hari Besar Islam Maluku Minta Tidak Ada Konvoi dan Takbiran Keliling di Ambon untuk Hindari Potensi Kerumunan

satumalukuID/Tiara Salampessy Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Maluku, Abidin Wakano.

satumalukuID - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Maluku Abidin Wakano mengingatkan, takbiran keliling jika dilaksanakan saat ini, sangat berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat. Lantaran itu, dia meminta umat Muslim Kota Ambon, agar menjadi contoh dalam menaati protokol kesehatan.

"Mari kita mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai menyebaran Covid 19, dengan tidak menggelar takbiran keliling,” imbau Abidin, di Ambon, Selasa (11/5/2021).

Abidin menyarankan warga Kota Ambon, agar tidak melakukan pawai takbiran keliling termasuk konvoi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Sebaiknya takbiran di rumah, masjid dan musala karena tidak mengurangi hikmah dalam mengagungkan asma Allah. Untuk yang di masjid atau musala, tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Menurut Abidin, langkah antisipasi ini, merupakan cara yang sangat efektif mencegah dan menghindar dari kemudaratan atau bahaya akibat penularan Covid-19.

Pasalnya, lanjut dia, tidak pawai takbiran keliling dan konvoi, tidak akan sedikitpun mengurangi hikmah dalam mengagungkan asma Allah.

“Mari kita sama-sama selaku orang beriman yang baru saja menyelesaikan ibadah puasa untuk dapat menjadi pelopor kebajikan bagi orang lain,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan mengikuti tindakan tersebut, adalah bentuk investasi dari ibadah puasa yang telah dijalankan di bulan Ramadan, supaya berfikir lebih bijak guna ikut membantu pemerintah mencegah penularan Covid-19.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!