Sekilas Info

Besok Wali Kota Ambon Kembali Temui Warga Ingatkan Bahaya Covid-19

satumalukuID/Husen Toisuta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap para guru SMP di Sport Hall Karang Panjang, Kota Ambon, Selasa (16/3/2021).

satumalukuID- Kota Ambon kini berada di zona kuning. Status ini diraih setelah sempat bertahan lama di zona merah, kemudian oranye. Meski sudah pertanda baik, tapi Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, tak mau lengah.

Orang nomor 1 di Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon ini terus mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Rencananya hari ini dan besok, Saya dan Wawali (Syarief Hadler) beserta Satgas akan turun untuk mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam beraktivitas," katanya saat Apel Pagi di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Selasa (11/5/2021).

Mantan Ketua DPRD Maluku itu menekankan kepada Satgas Covid-19 agar selalu mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dengan baik dan benar, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh aparatur kota, baik struktural maupun pelaksana, yang tergabung di satgas maupun yang berada di tugas-tugas kemasyarakatan, kesehatan. Karena apa, hasil kerja bersama, Kota Ambon telah berpindah dari zona oranye ke zona kuning," terangnya.

Menurutnya, perpindahan zonasi bukanlah pekerjaan yang mudah. Meski tingkat penyebaran sudah dapat dikendalikan, tetapi persepsi publik tentang covid, harus terus ditingkatkan dan disosialisasikan.

"Saat ini orang segan ke rumah sakit. Nanti kalau sudah sakit kronis baru dia ke rumah sakit. Sehingga untuk antisipasi langkah-langkah medis itu sudah terlambat. Itu yang menyebabkan tingginya angka kematian," katanya.

Richard meminta Lurah, Raja, Kepala Desa, juga turut melakukan sosialisasi kepada warga. Sehingga jika terdapat orang sakit, agar segera diinformasikan untuk mengantisipasi jangan sampai terkontaminasi dengan covid.

"Saya juga harus sampaikan apresiasi kepada seluruh Puskesmas, Ibu Kadis dan seluruh jajarannya, kepala-kepala Puskesmas yang tidak pernah berhenti bekerja dan tidak pernah lelah melayani masyarakat. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Satgas yang tidak pernah capek dan berhenti melaksanakan tugas-tugas untuk memberikan atensi bagi masyarakat," salut Wali Kota dua periode ini.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!