Sekilas Info

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lantamal IX Ambon Bersih-bersih Pantai

satumalukuID/Istimewa Lantamal IX Ambon gelar bersih-bersih pantai di kawasan pantai bawah Jembatan Merah Putih, Desa Galala, Kota Ambon, Jumat (7/5/2021).

satumalukuID- Menyambut hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, menggelar kegiatan bersih-bersih pantai, Jumat (7/5/2021).

Aksi sosial yang dilakukan seluruh prajurit dan PNS Lantamal Ambon ini dipantau langsung oleh Komandan Lantamal, Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono. Turut hadir Wadan Lantamal, para asisten dan kasatker.

Lokasi pesisir pantai yang menjadi sasaran pembersihan yaitu kawasan Desa Galala, Halong, Dermaga Irian (Lantamal), Latta dan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Kepala Dinas Penerangan Lantamal IX Ambon Kapten Masrukin, mengungkapkan, kegiatan itu terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon.

"Kegiatan bersih-bersih pantai kali ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan bersih pantai dipimpin Asisten Potensi Maritim Lantamal IX, Kolonel Laut (PM) Ade Permana.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, keasrian dan lingkungan pantai yang sehat sehingga ekosistem pantai bisa tetap terjaga," terangnya.

Ia menyebutkan, menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan kawasan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan bau yang tidak sedap.

"Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, dan keasrian lingkungan," ujarnya.

Pesisir pantai yang bersih, lanjut dia, bisa menjadi tujuan wisata murah dan menyehatkan untuk semua kalangan masyarakat.

Masrukin mengatakan, udara pantai di pagi dan sore hari memiliki Kadar oksigen yang lebih bagus untuk kesehatan. Ini karena letaknya di dataran rendah serta bertemperatur lebih stabil dari tempat-tempat dataran tinggi seperti pegunungan yang mempunyai suhu lebih extrime.

"Lingkungan pantai yang sehat dan bersih, kata dia, juga akan membawa dampak positif jangka panjang bagi generasi mendatang," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!