Sekilas Info

Jelang Lebaran Idul Fitri 1442 H, Basarnas Ambon Kerahkan Tim Siaga SAR Khusus Selama 18 Hari

satumalukuID/Istimewa Basarnas Ambon Apel Gelar Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus 2021 di Markas Basarnas, Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Kamis (6/5/2021).

satumalukuID- Badan SAR Nasional (Basarnas) atau Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, mengerahkan Tim Siaga SAR Khusus, menjelang lebaran Idul Fitri 2021/1442 Hijriah.

Tim Siaga SAR Khusus resmi dikerahkan melalui Apel Gelar Kesiapsiagaan yang berlangsung di Lapangan Serbaguna, Markas Basarnas Ambon, Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Kamis (6/5/2021).

Apel gelar kesiapsiagaan siaga SAR khusus 2021, tahun kedua di masa pandemi Covid-19 ini, dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas Ambon, Mustari.

"Siaga SAR Khusus akan berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 24 Mei 2021 mendatang," ungkap Mustari.

Menurut Mustari, tim yang dikerahkan akan fokus di sejumlah titik Posko Siaga Lebaran yang tersebar di Ambon. Seperti Pelabuhan Yos Sudarso, Slamet Riyadi, Ferry Galala.

"Sebanyak 94 personil Basarnas Ambon baik yang di Kantor maupun Pos SAR Banda, Namlea, Tual, Saumlaki, dan Unit Siaga SAR Dobo, disiapkan dalam Siaga SAR Khusus ini," terangnya.

Selain mengerahkan persiapan personil, Basarnas juga menyiapkan peralatan utamanya (Alut), baik yang ada di darat, laut, maupun peralatan pendukung lainnya.

"Untuk mendukung kegiatan Siaga SAR Khusus tahun ini diantaranya KN (Kapal Negara) SAR BHARATA, KN SAR ABIMANYU, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Truck, Rescue Truck Personil, D’max Compartement serta peralatan Emergency Kit (Medis)," sebutnya.

Menurut Mustari, kendati perintah larangan mudik sudah disampaikan, namun pihaknya akan tetap melaksanakan Patroli Siaga SAR Khusus di beberapa tempat. Seperti Bandara dan sejumlah tempat wisata. Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan masyarakat sekitar terhadap musibah yang bisa datang kapan saja.

"Selama operasi SAR dilaksanakan, kita tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan kita berjalan dengan lancar dan semoga kita semua dalam lindungan Yang Maha Kuasa," harapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!