Sekilas Info

Kapolda Maluku Himbau Masyarakat Gelar Malam Takbiran di Masjid-masjid

satumalukuID/Istimewa Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, tampak membacakan amanat Kapolri pada apel gelar pasukan operasi Ketupat Siwalima 2021 di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Rabu (5/5/2021).

satumalukuID- Operasi Ketupat Siwalima 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah resmi dihelat melalui apel gelar pasukan di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Rabu (5/5/2021).

Pengerahan sebanyak 4.000 pasukan pengamanan gabungan dari unsur Polri, TNI, Pemda, dan instansi terkait lainnya ini menitikberatkan pada pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, malam Takbiran dan pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Khusus untuk pengamanan malam Takbiran, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan konfoi di jalan raya dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Orang nomor 1 Polri di Maluku ini, menyarankan agar malam Takbiran dapat dilaksanakan di masjid-masjid tempat tinggal masing-masing. Sebab, hal itu lebih bagus nilai ibadahnya dari pada konfoi menggunakan kendaraan, yang rawan terjadi kecelakaan dan yang tidak diinginkan bersama.

Refdi mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku terkait pelaksanaan malam Takbiran nanti.

"Bahwa yang paling bagus malam Takbiran itu adalah dilaksanakan di Masjid-masjid," pintanya.

Refdi mengaku, biasanya larangan yang dikeluarkan kerap menjadi perhatian. Misalnya warga tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman keras. Kendaraan konfoi menggunakan knalpot blong, atau bonceng tiga. Selanjutnya menggunakan kendaraan yang bukan peruntukannya, seperti mobil pick up dipakai mengangkut orang.

"Kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasinya sehingga semuanya diharapkan dapat berjalan dengan tertib. Saya yakin di sini tidak akan terjadi hal yang demikian karena masyarakat kita sudah paham terkait bagaimana menjaga keamanan, ketertiban. Apalagi berakhirnya bulan suci dan kita menyambut hari yang fitrah," katanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!