Sekilas Info

Pemda Maluku Akan Bangun Cold Room di Lima Rumah Sakit

satumalukuID/Husen Toisuta Sekda Maluku Kasrul Selang tampak sedang memberikan keterangan pers kepada wartawan di aula lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (30/4/2021).

satumalukuID- Pemerintah Daerah Maluku berencana membangun cold room di lima Rumah Sakit Regional. Seperti Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Namlea, Buru dan beberapa lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang, menyebutkan, dengan adanya cold room diharapkan distribusi vaksin Covid-19 berjalan lancar. Sehingga angka vaksinasi juga terus meningkat.

Menurutnya, cold room dapat menampung stok vaksin Covid-19 dengan jumlah besar. Tidak seperti cold chain yang selama ini digunakan di daerah-daerah se-Maluku. Ini yang menyebabkan distribusi vaksin terhambat karena daya tampung vaksin.

"Sementara ini cold room yang ada cuma di dinas kesehatan provinsi. Setelah ini katong punya cold room akan dibangun di 5 tempat rumah sakit regional seperti di Saumlaki, Buru, Masohi," kata Kasrul, Jumat (30/4/2021).

Keberadaan cold room nanti, lanjut Kasrul, pengiriman vaksin dari pusat sudah bisa langsung ke daerah yang dituju, tanpa melalui pemerintah provinsi Maluku.

"Jadi pengiriman dari pusat melalui Kimia Farma sudah bisa langsung. Tidak melalui Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Kota Ambon lagi," katanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!